22.8 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Capaian Vaksinasi Simalungun Diungkap dalam Rakor Vaksinasi Booster

Simalungun, MISTAR.ID

Dalam rangka persiapan dan rencana pelaksanaan vaksinasi booster, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar rapat koordinasi (Rakor) di Posko Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Simalungun, Jumat (21/1/22).

Dalam rapat tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, menmaparkan data capaian vaksinasi di Kabupaten Simalungun.

Dari data yang disajikan antara lain, diketahui bahwa capaian vaksinasi dosis 1 (D1) telah mencapai 81,56 persen, sedang dosis 2 (D2) mencapai 54,30 persen. Untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah mencapai 81,17 persen dari target sasaran 100.318 anak.

Baca Juga: Vaksinasi Anak di Simalungun Capai 70,46%, Total Keseluruhan 80,65%

Melihat data tersebut, Wakil Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Simalungun secara nasional saat ini masih berada di level 2 capaian vaksinasi.

“Saya berharap kita bisa mencapai ke level 1, untuk itu saya meminta kolaborasi dan sinergitas semua pihak, baik camat, Danramil, Kapolsek, pangulu, lurah maupun puskesmas dalam meningkatkan kinerjanya, sehingga capaian vaksinasi terutama dosis 2 dapat ditingkatkan,” kata Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, sejalan dengan pelaksanaan vaksinasi D1 dan D2, diminta kepada Dinas Kesehatan agar segara melakukan pendataan untuk sasaran pelaksanaan vaksinasi booster.

Baca Juga: Simalungun Targetkan 12 Ribu Dosis per Hari Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Terkait dengan nomor induk kependudukan (NIK), Wakil Bupati Simalungun meminta kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk segera menuntaskannya.

Disamping itu, Dinas Pendidikan diminta untuk menyiapkan data anak yang belom divaksin. “Mari kita bekerja by data dan berkolaborasi dengan baik,”kata Wakil Bupati.

Dalam rapat tersebut juga dibahas tentang tindak lanjut jadwal tambahan vaksin untuk anak, persiapan dan rencana pelaksanaan vaksin booster, pendataan pengimputan yang telah dilaksanakan.

Rapat dipimpin Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi, dihadiri Polres Simalungun, Dandim, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sarimuda Purba, Asisten Administrasi Umum Akmal H Siregar, Kadis Kesehatan Edwin Toni Simanjuntak, Kepala BPBD Ramadhan Damanik, Kadis Pendidikan Zacson Silalahi, Kadis Capil Jon Rismantua Damanik, Sekretaris BPBD Manaor Silalahi, Kemenag diwakili M Arief, Kadis Kominfo diwakili Ester Siahaan dan sejumlah staf dilingkungan Pemkab Simalungun dan Kodim 0207/Sml.(roland/ril/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: