31.7 C
Medan
Monday, July 4, 2022
spot_img

Bantu Siswa Tak Punya HP, Disdik Simalungun Terapkan Sistem Guru Kunjung

Simalungun, MISTAR.ID

Kewajiban belajar daring (dalam jaringan) dengan menggunakan ponsel pintar atau laptop, ternyata tak serta merta diikuti kemampuan siswa dan orang tua siswa menyiapkan gadget yang diperlukan.

Karenanya, mengantisipasi siswa yang tak punya ponsel agar tetap bisa mengikuti pembelajaran di masa pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun mengaku telah memiliki strategi khusus terkait hal itu.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun, Parsaulian Sinaga, kepada Mistar mengungkapkan tetap memberikan pelajaran kepada siswa yang tidak memiliki HP  dengan menerapkan sistem Guru Kunjung untuk sekolah-sekolah di Simalungun.

Baca juga : Ingat! Selama Pandemi Belajar Mengajar Secara Tatap Muka Dilarang

Parsaulian menjelaskan, Guru Kunjung adalah guru yang mendatangi murid ke tempat tinggalnya, atau biasa disebut dengan sistem jemput bola. “Ini kan sekolah sudah mendata, siswa-siswa yang belum memiliki HP, jadi ada guru utusan yang datang ke tempat tinggal siswa tersebut,” jelas Parsaulian Sinaga, Senin (27/7/20). Dia menyebutkan sistem ini adalah penugasan di luar jaringan.

Parsaulian mengatakan sudah memerintahkan pihak sekolah untuk memetahkan fasilitas apa yang tidak dimiliki siswa dalam pembelajaran online saat ini, apakah itu signal internet, paket data atau HP. “Untuk paket data kan saat ini sudah bisa dialokasikan dananya dari dana BOS, jadi kita sudah perintahkan agar sekolah melengkapi kebutuhan siswa di pandemi ini” ucap Parsaulian.

Dijelaskannya kembali, bahwa sistem Guru Kunjung ini banyak diterapkan di Simalungun atas, seperti Kecamatan Panei dan Kecamatan Dolok Masagal. “Sistem ini bukan hanya untuk mereka yang tidak memiliki ponsel, tetapi juga untuk daerah-daerah yang kualitas signalnya lemah,” ucap Parsaulian. Dia berharap agar sekolah aktif dan kreatif dalam menyikapi masa pandemi saat ini, dikatakannya proses belajar tetap berjalan dan keadaan tetap sehat. (roland/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: