26.7 C
Medan
Thursday, September 29, 2022
spot_img

Waspada! Hoaks Lamaran Kerja dari BPJS Kesehatan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Terkadang masyarakat dibuat bingung banyaknya beredar informasi tentang lowongan pekerjaan. Apakah informasi tersebut benar atau tidak, itu yang menjadi dilema. Seperti yang beredar tentang rekrutmen pegawai di BPJS Kesehatan di Kota Pematangsiantar.

Menyikapi hal ini, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum BPJS Kesehatan Andi Afdal melalui Kabid SDM Umum dan Komunikasi, Ilham Lailatul Qodr BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar mengatakan, perekrutan tenaga kerja seperti tertulis dalam surat lowongan kerja yang beredar di masyarakat tersebut adalah informasi palsu atau hoaks.

“Saat ini memang banyak informasi yang beredar di sejumlah sosial media bahwa BPJS Kesehatan melakukan proses rekrutmen pegawai. Itu tidak benar. BPJS Kesehatan Pematangsiantar belum merilis informasi terkait proses rekrutmen,” terang Ilham saat dikonfirmasi mistar.id, Sabtu (4/12/21).

Baca Juga:TNI Siap Bantu BPJS Kesehatan Jadi Sumber Informasi JKN-KIS

Informasi seperti ini memang harus benar-benar diwaspadai supaya masyarakat tidak tertipu. Apalagi, mencari pekerjaan baru bukan suatu hal yang mudah. Terlebih, pandemi Covid-19 telah banyak mengubah peluang kerja yang tampaknya menjadi lebih kompetitif dan menantang daripada sebelumnya.

Maka dari itu, masyarakat dituntut harus lebih bijak untuk mencari kebenaran atas informasi tersebut. Salah satunya seperti yang saat ini beredar informasi tentang rekrutmen pegawai di BPJS Kesehatan Kota Pematangsiantar. Bahkan yang bersangkutan diminta untuk mengisi pernyataan bersedia untuk bekerja di BPJS Kesehatan, juga diminta uang dengan nominal yang sudah ditentukan.

Menurut Ilham, biasanya informasi terkait rekrutmen pegawai BPJS Kesehatan bersumber dari saluran resmi BPJS kesehatan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap kejahatan penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan dengan meminta peserta mentransfer sejumlah uang.

Baca Juga:Perwakilan Dinsos dan BPJS Kesehatan Medan Tak Hadir Saat Sosialisasi Perda

“Untuk informasi lowongan pekerjaan bisa dilihat dari situs atau akun resmi media sosial dari BPJS Kesehatan, seperti IG: bpjskesehatan_ri; FB: BPJS Kesehatan dan Twitter: @BPJSKesehatanRI dan website : www.bpjs-kesehatan.go.id. Atau menghubungi Call Center 165 BPJS Kesehatan,” sebut Ilham.

Dia menegaskan, bahwa rekrutmen di BPJS Kesehatan sama sekali tidak ada pungutan biaya. Jadi hoaks ini telah mencemarkan nama baik BPJS Kesehatan. Selain itu, hal ini juga bisa merugikan masyarakat.

Ilham mengimbau pada masyarakat agar lebih bijak dalam mengakses informasi apapun itu. Agar lebih berhati-hati lagi dalam menerima informasi rekrutmen pegawai seperti ini. “Lebih baik dikonfirmasi ulang kepada pihak terkait yang resmi. Atau boleh juga mengunjungi kantor secara langsung,” sebutnya. (yetty/hm12)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Jelang Ajang F1 H2O, Warga Minta Tanah Lapang Sisingamangaraja Tidak Dialih...

Toba, MISTAR.ID Sejak Kabupaten Toba menjadi kandidat tuan rumah penyelenggaraan Formula 1 Boat Race (F1 H2O) yang direncanakan digelar pada Februari 2023 mendatang, pemkab terus...
Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Tertarik mendaftar KIP Kuliah Beasiswa Kemendikbudristek, Simak Cara Daftar Berikut

Jakarta, MISTAR.ID KIP Kuliah adalah salah satu bantuan dana pendidikan yang dinaungi oleh Kemendikbudristek. Beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi namun...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: