30.6 C
Medan
Monday, May 23, 2022
spot_img

Warga Siantar Positif Covid-19 Bertambah 2 Orang

Pematangsiantar, MISTAR.ID
Warga Pematangsiantar yang dinyatakan positif Covid-19 hari ini bertambah lagi dua orang, Senin (4/5/20). Penambahan itu berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dikeluarkan pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Sehingga jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Pematangsiantar menjadi 3 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Ronal Saragih menyebutkan, tiga orang warga Kota Pematangsiantar positif corona Covid-19 tinggal di wilayah Jalan Palangkaraya dan Kelurahan Martoba. Dua pasien positif Covid-19 diketahui terpapar Corona dari luar kota.
“Jadi tadi diketahui dua orang terpapar Corona itu berasal dari luar Kota Siantar. Dan kami masih terus menelusuri pergerakan pasien sebelumnya,” ujar dr Ronal Saragih dihubungi Mistar.

Menurut Ronal Saragih dua pasien positif corona asal Jalan Palangkaraya merupakan lansia usia berkisar 60 tahun. Belum diketahui jelas dari mana keduanya tertular virus corona.
“Mereka gak terbuka dengan kita selaku tim medis. Dia katakan kalau mereka gak kemana-mana tapi kena dimana itu perlu kami minta terus keterangannya,” ujar Ronal.

Warga Jalan Palangkaraya terdeteksi positif corona setelah menimbulkan gejala dan dilakukan pemeriksaan swab dan diketahui hasilnya, Senin (4/5/20).

“Jadi baru kali ini kami ketahui hasilnya positif corona. Kita cukup waspada untuk ini ya,” ujarnya.

Langkah lebih lanjut, Selasa (5/5/20) Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar akan melakukan penelusuran kontak fisik kedua pasien positif corona. Pihaknya, akan melakukan pemeriksaan swab untuk seluruh warga Jalan Palangkaraya, Kota Pematangsiantar.

Saat ini, dua warga yang dinyatakan positif corona atau Covid-19 itu tengah menjalani perawatan intensif di RSUD dr Djasamen Saragih Jalan Merdeka Pematangsiantar. Sementara, seorang pasien positif Covid-19 warga Jalan Demak dirawat intensif di RS Adam Malik Medan.

Pada data Minggu (3/5/20) total ODP 193 orang, ODP tanpa gejala 192, ODP dengan gejala 1 orang.
Kemudian, pasien sembuh 3 orang. PDP saat ini 5 orang.

Warga Gang Demak Jalani Rapit Test

Sementara itu berkaitan dengan pasien positif Covid-19 yang diketahui pedagang keliling di Jalan Singosari Gang Demak Kelurahan Martoba Kecamatan Siantar Utara Kota Pematangsiantar saat ini tengah menjalani rapid test.
Pemeriksaan rapid test atau pengambilan sampel darah dari ujung jari warga

Urat Simanjuntak salah seorang pejabat Kepala Bidang di Dinas Kesehatan, yang terjun langsung ke Gang Demak. Untuk pemeriksaan rapid test massal tersebut, tim dari Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar mempersiapkan 100 sampai 150 alat rapid test bagi para tetangga pedagang keliling tersebut.

“Untuk pemeriksaan tadi, kita persiapkan 100 sampai 150 alat rapid test,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai seluruh jumlah warga Gang Demak yang menjalani rapid test, Urat menyebut angka 143.
“Totalnya sekitar 143 orang,” tutur Urat yang selanjutnya menyarankan awak Mistar agar konfirmasi pemeriksaan itu ke Gugus Tugas Covid-19 Kota Pematangsiantar.

Penulis: Billi dan Ferry
Editor: Rika Yoesz

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: