25 C
Medan
Saturday, May 21, 2022
spot_img

Warga Bah Kapul Mengeluh, Lampu Jalan Banyak Mati

Siantar, MISTAR.ID – Warga Kelurahan Bah Kapul Kota Pematangsiantar mengeluhkan banyaknya lampu penerangan jalan umum yang mati. ‘Kegelapan’ akibat lampu mati ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran warga, disebabkan kawasan tersebut menjadi rawan kriminal.

H.Hutajulu, salah satu warga Blok 2, Jalan Sibatu-batu mengatakan, kalau malam hari jalan sendiri di lokasi rasanya menakutkan. Karena gelap disebabkan lampu jalan banyak yang mati.

“Adanya yang hidup, tapi jaraknya sangat jauh, dan kebanyakan lampunya mati. Mau keluar malam agak takut juga, soalnya daerah saya dekat dengan kedai tuak, sering kali terjadi kegaduhan karena mabuk minuman,” ujarnya.

Kekhawatiran serupa disampaikan Rani. Warga Jalan Viyata Yudha ini mengatakan, dia sangat takut kalau lewat jalan itu. Apalagi dia selalu pulang malam dari tempat kerja.

“Saya bekerja sebagai sales, jadi kerja itu sampai malam. Agak seram kalau pulang malam, gelap,” ujarya saat dijumpai toko HP Jalan Sutomo tempat dia bekerja.

Menanggapi keluhan warganya, Lurah Bah Kapul, Jaya Kesuma SH, ditemui di kantornya, Rabu (8/1/20) membenarkan beberapa lampu jalan di wilayah pemerintahannya itu mati total.

Ia juga mengkhawatirkan daerah yang gelap berdampak rawan kriminal, rawan kecelakaan lalu lintas.

Total lampu yang ada, kata dia, 18 titik di daerah Sibatu-batu, 12 titik di daerah Viyata Yudha, 4 titik di Handayani. Tapi tidak semuanya mati.

“Hal ini sudah terjadi sejak Desember lalu. Saya pun khawatir, kalau gelap begitu bisa saja memicu tindak kriminal dan orang-orang juga jadi takut lewat situ,” kata Jaya.

Pihak kelurahan kata dia, sudah melakukan pengecekan dan membuat dokumentasi lampur mati untuk dilaporkan secara tertulis kepada pihak kecamatan, agar diteruskan ke pihak Dinas Tarukim dengan harapan segera dinyalakan.

Sementara itu, EI Sihombing, selaku Kasi Bina Konstruksi Perumahan Dinas Tarukim mengatakan, akan segera menurunkan petugas untuk memantau lampu mana saja yang mati, dan berjanji yang rusak akan segera diperbaiki.(hm02)

Penulis : Yetty

Editor : Herman Maris

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: