30 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Vihara Avalokitesvara Akan Lakukan Pembatasan Kunjungan di tahun baru imlek 2022

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 pada Vihara Avalokitesvara berlokasi di Jalan Pusuk Buhit, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar ini, akan digelar secara sederhana, mengingat pandemi virus corona masih mengintai.

Wakil ketua Majelis Umat Buddha Mahayana Indonesia (MAJUBUMI) pada vihara Avalokitesvara Pematangsiantar, Chandra mengungkapkan, segala persiapan menjelang perayaan Imlek tahun ini sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya.

“Kita masih melawan virus Covid-19. Jadi, kami akan melakukan pembatasan bagi warga yang ingin sembahyang di Vihara Avalokitesvara. Maksimal hanya boleh 50 persen dari jumlah kapasitas yang ada,” ucap Chandra, Sabtu (29/1/22).

Baca juga:Vihara Avalokitesvara Siantar Terapkan Prokes Ketat Saat Ibadah Hari Raya Waisak 2565 BE

Ia juga menuturkan, biasanya, vihara Avalokitesvara bisa menampung hingga 200 orang pada saat perayaan Imlek, tapi tahun ini jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jumlah jemaah yang hadir akan dikurangi, hanya bisa 50 orang saja. Lantaran adanya pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Maka dari itu, lanjut dia, kegiatan sembahyang pada hari raya Imlek tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya, dimana menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan lebih ketat. Untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

“Yang kami waspadai adalah saat puncak hati raya Imlek nanti yang jatuh pada 1 February 2022. Agar tidak terjadi penumpukan warga yang ingin sembahyang, kami akan mengantisipasi mulai dari pintu masuk depan vihara akan dimulai pembatasan, bersama security sambil dilakukan pengecekan suhu tubuhnya,” terang dia.

Baca juga:Transaksi Kue Keranjang Naik Empat Kali Lipat di Imlek 2022

Apabila yang di dalam sudah keluar, ujar Chandra, maka mereka yang menunggu baru bisa masuk. Dia pun menegaskan, penerapan protokol kesehatan pada pengunjung yang beribadah di vihara harus tetap ditegakkan. Sebab pihaknya tidak ingin terjadi kluster baru Covid-19 saat peraya hari raya Imlek tahun ini.

“Sebelumnya Vihara Avalokitesvara sudah melakukan kegiatan ibadah untuk pembersihan vihara dan patung – patung, kemudian pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang beruntung dalam merayakan Imlek tahun ini,” kata Chandra. (yetty/hm06)

 

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: