30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Varian Baru Covid-19 Marak, Satgas Siantar Minta Warga Tetap Pakai Masker

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Maraknya kasus terpapar Covid-19 varian baru yakni Subvarian BA.4 dan BA.5 dan melansir data Satgas Covid-19, subvarian ini menjadi salah satu penyebab kasus Covid-19 di Indonesia naik lagi.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar, Robert Samosir juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap kenaikan kasus Covid-19 beberapa waktu terakhir yang dipicu adanya varian baru BA4 dan BA5 tersebut.

“Menurut informasi dari Satgas Covid-19 pusat, bahwa memang ada kenaikan kasus Covid-19 beberapa hari terakhir ini yang dipicu adanya varian baru BA4 dan BA5,” ujarnya melalui sambungan telepon, pada Jumat (17/6/22).

Baca juga: Kasus Covid Siantar Bertambah 1, Vaksinasi Capai 81,68 Persen

Hingga saat ini, terang Robert, sedikitnya kasus konfirmasi Covid-19 sudah menembus 1.000 ke atas yang dicatat Kementerian Kesehatan pusat. Meski demikian, ia mengatakan, kondisi Covid-19 saat ini masih terkendali.

Dia menuturkan, dengan adanya varian yang lebih cepat menular, masyarakat diminta untuk tetap waspada. Menurutnya, tindakan pencegahan harus tetap dilakukan bahkan menjadi lebih penting dibandingkan sebelumnya. Penggunaan masker dianggap mampu menurunkan risiko penularan Covid-19.

“Meski pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pelonggaran penggunaan masker, kami terus mengimbau masyarakat Kota Pematangsiantar untuk selalu memakai masker. Pemakaian masker menjadi wujud disiplin selama pandemi Covid-19, agar tidak menimbulkan kembali gelombang baru kasus Covid-19,” tegas Robert.

Baca juga: Vaksinasi Covid Siantar Tembus 60 Persen

Dikatakannya, saat ini varian virus Covid-19 baru tengah merebak di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di negara Indonesia. Penyebaran virus tersebut sangat mudah, salah satunya melalui droplet yang tercipta dari batuk maupun bersin dari orang yang terinfeksi kemudia terhirup orang yang sehat.

“Penggunaan masker menjadi sesuatu yang cukup penting apalagi saat berada di luar rumah, sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan segala bentuk virus,” tukasnya.

Robert mengimbau pada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada menjadi faktor penting dalam mencegah penyebaran serta penularan Covid-19,”mari berjuang bersama dalam memerangi Covid-19 dengan tetap disiplin protokol kesehatan yaitu memakai masker khususnya. (yetty/hm09)

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

Melebihi HET, Harga Gas Subsidi 3 Kg di Dairi Rp25 Ribu...

Sidikalang, MISTAR.ID Penjualan tabung gas subsidi 3 Kg di Dairi dijual jauh di atas harga eceran tertinggi (HET). Bila HET yang ditetapkan Pemkab Dairi antara...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: