31.7 C
Medan
Thursday, January 27, 2022
spot_img

Vaksinasi Siantar Digelar di 19 Puskesmas, 2 Rumah Sakit dan 1 Klinik

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Kegiatan vaksinasi di Kota Pematangsiantar mulai dilaksanakan pada, Rabu (3/2/21), akan digelar serentak di 19 puskesmas yang ada di kota tersebut.

Vaksinasi juga digelar serentak di 2 rumah sakit yakni, Rumah Sakit Tentara dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih, serta di 1 klinik yaitu klinik Polres Pematangsiantar.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Ronal H Saragih, ketika dikonfirmasi mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Pematangsiantar di ruang kerjanya, Selasa (2/2/21).

“Vaksinasi besok semua puskesmas yang ada di Pematangsiantar, 19 puskesmas tambah Rumah Sakit Tentara dan Rumah Sakit Djasamen Saragih, tambah lagi klinik Polres. Itulah untuk tahap pertama,” tuturnya.

Baca Juga:Siantar Awali Vaksinasi 3 Februari di Puskesmas Parsoburan

Pencanangan vaksinasi di Puskesmas Parsoburan Jalan Parsoburan Kecamatan Siantar Marihat, Ronal berharap seluruh unsur Forkopimda mengikuti vaksinasi. “Kita harapkan Forkopimda ikut divaksin, setelah itu kita lanjutkan ke Nakes (Tenaga Kesehatan, red),” ujarnya.

Saat disinggung Mistar mengenai SMS pemberitahuan terhadap peserta yang akan divaksin, Ronal mengaku, tidak begitu lagi. “Tidak begitu lagi, kita dapat data (peserta) dari KPC PEN, Komite Penanggulangan Covid Pemulihan Ekonomi Nasional, dari situ nama-namanya dan disitu sudah lengkap dengan e-tiketnya,” ungkapnya.

Disinggung untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat umum, Ronal menjelaskan, pihaknya menunggu petunjuk dari pihak pemerintah pusat.

“Kalau ke masyarakat kita tunggu lagi bagaimana nanti kebijakan dari pusat. Untuk tahap pertama ini masih dari Nakes. Ini saja memakan waktu, umpama besok dimulai, dua minggu lagi akan disuntik kedua lagi. Mungkin di antaranya itulah lagi datang nanti petunjuk untuk vaksinasi masyarakat umum dan lansia,” tukasnya.

Baca Juga:5.200 Vial Vaksin Sinovac Tiba di Siantar

Untuk vaksinasi tahap pertama ini, kata Ronal, yang divaksin itu adalah tenaga kesehatan yang berusia 18 sampai yang di bawah 60 yaitu 59 tahun. Karena vaksin yang digunakan sekarang itu adalah Vaksin Sinovac, jadi Sinovac itu hanya untuk usia 18 sampai 59 tahun.

“Untuk yang lansia, seperti dibilang Kementerian Kesehatan yang direncanakan bulan April ini, kita tunggu vaksin yang bagaimana selanjutnya. Prinsipnya, kalau kami dinas kesehatan beserta jajaran kami semuanya, termasuk rumah sakit pemerintah dan swasta sudah siap untuk melaksanakannya,” tegasnya.

Kesiapan untuk vaksinasi, sambung Ronal, karena memang semuanya sudah dilatih dan sudah mengikuti simulasi. “Jadi mungkin, kalau sudah ikut nanti masyarakat umum, sudah pasti rumah sakit swasta lainnya pun akan ikut dilibatlan dalam pelaksanaan vaksinasi, dan mungkin bisa saja klinik-klinik juga akan dilibatkan,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di Kantor Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, tampak para pegawai dinas kesehatan sudah mengeluarkan vaksin dari lemarinya untuk didistribusikan ke puskesmas dan rumah sakit, serta klinik yang akan melaksanakan vaksinasi.(ferry/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: