30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Turnamen Sepakbola Piala Gubsu Antar Pelajar Tingkat SMA/SMK 2022 Cabdis Siantar Dibuka

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Perhelatan Turnamen Sepakbola memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi antar pelajar tingkat SMA/SMK 2022 Cabang Dinas (Cabdis) Siantar, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara resmi dibuka, Jumat (5/8/22).

Acara digelar di Lapangan Sepakbola Panei Tongah Kabupaten Simalungun, di awali dengan tendangan perdana pada pembukaan sepakbola oleh Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Siantar James Andohar Siahaan, disaksikan para kepala sekolah, Kapolsek Panei Tongah, Danramil, unsur dari kecamatan, tokoh masyarakat beserta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Turnamen Sepakbola Cabdis Siantar Amos Panggabean dalam sambutannya mengatakan, ajang tersebut digelar sebagai ajang silaturahmi sekaligus mendeteksi pemain sepakbola muda yang berprestasi, serta mengembangkan minat bakat para siswa di dunia sepakbola.

Baca Juga:Edy Rahmayadi Bangga Sumut Bisa Gelar Kompetisi Horseback Archery

Amos juga mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 40 tim, berlangsung mulai tanggal 5 Agustus sampai 9 September 2022, yang dibagi menjadi dua zona yakni, zona pertama 20 tim bertanding di Lapangan Sepakbola Panei Tongah Kabupaten Simalungun, sedangkan zona dua 20 tim bertanding di Lapangan Budi Mulia Kota Pematang Siantar.

“Saya berharap untuk para tim agar tetap menjunjung tinggi sportivitas, bermain fair play, ikuti seluruh prosedur dan mekanisme pertandingan, agar semua dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Kejuaraan ini juga diharap dapat menemukan bakat-bakat yang unggul,” kata Amos Panggabean.

Sementara, Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Siantar James Andohar Siahaan mengatakan, Turnamen Sepakbola Piala Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Cup 2022 merupakan turnamen yang pertama di Sumut untuk tingkat pelajar SMA/SMK Siantar-Simalungun.

“Dari 18 cabang dinas (Cabdis) di Sumatera Utara, Cabdis Siantar yang pertama sekali melaksanakan turnamen sepakbola memperebutkan Piala Gubsu. Nanti, Cabdis Langkat selanjutnya,” ucap James.

Baca Juga:40 Tim Sepakbola SMA/SMK Cabdis Siantar akan Bersaing Rebut Piala Gubsu

James juga menjelaskan, turnamen tersebut dilaksanakan bersamaan dengan rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia tahun 2022.

Sesuai dengan program yang dibuat oleh Kadis Pendidikan Provinsi Sumut yakni, Asren Nasution.

Selain itu, sambung dia, kegiatan tersebut merupakan tahap seleksi untuk menjaring bibi-bibit pemain sepakbola dari Cabdis Siantar yang akan diikutsertakan dalam turnamen sepakbola selanjutnya yang dilaksanakan di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Dengan kegiatan ini, dapat meningkatkan prestasi peserta didik kembali di bidang olahraga dan kesehatan jasmani menuju penyelenggaraan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau disebut O2SN. Sebab, hampir 3 tahun kita pasif dalam kegiatan olahraga,” terangnya.

Baca Juga:PSMS Juara Gubsu Edy Rahmayadi Cup 2022

James juga berharap, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tetap menjunjung tinggi sportifitas. Serta memberi pengaruh positif pada peserta didiknya di Kota Pematang Siantar maupun Kabupaten Simalungun.

Bahkan, ia pun menyebut kegiatan itu di samping memberikan pengaruh positif dengan mengajak para pelajar menjauhi narkoba, juga bertujuan untuk menciptakan keharmonisan dan menjalin silaturahmi antar pelajar dan sekolah se Cabdis Siantar-Simalungun.

“Kegiatan ini memberikan pengaruh positif untuk lebih meningkatkan minat berolahraga termasuk untuk menjalin kekompakan, tetap menjunjung tinggi sportifitas. Juga memberi contoh kepada pelajar lainnya. Bahwa dari pelajar bisa menjadi embrio utama dalam menjaga sportivitas olahraga,” kata James.(yetty/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: