25 C
Medan
Tuesday, September 28, 2021
spot_img

SMKN 3 Siantar Bangun Ruang Praktek Siswa Perhotelan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Pematangsiantar terus berbenah dalam hal peningkatan mutu pendidikan. Hal ini untuk memenuhi tuntutan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja yang nantinya akan dibutuhkan membawa sektor kepariwisataan.

Salah satu yang dilakukan adalah membangun Ruang Praktek Siswa (RPS) jurusan perhotelan. Hal ini menjadi salah satu bentuk keseriusan SMKN 3 Pematangsiantar dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan agar bisa menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan siap bekerja, khususnya di bidang Perhotelan.

Kepala SMKN 3 Pematangsiantar Nurmaulita mengatakan, peletakan batu pertama perhotelan di sekolah tersebut berjalan dengan baik. Perhotelan di SMKN 3 dibangun sebagai ruang praktek untuk siswa-siswi jurusan perhotelan dengan standart.

Baca Juga:SMKN 3 Siantar Batal Gelar PTM Terbatas, Ini Alasannya

“Sebenarnya ruang praktek perhotelan sudah ada satu lantai tapi jauh dari standar. Kita lakukan renovasi (redesain). Yang lantai satu kita desain dengan standar. Kemudian dilanjutkan pembangunan lantai dua sekaligus penambahan ruang praktek untuk siswa,” kata Nurmaulita usai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Prof Drs Syaifuddin melakukan peletakan batu pertama, Selasa (14/9/21).

Nurmaulita mengatakan, dari arahan Direktorat Jenderal pendidikan vokasi, ruang praktek siswa itu betul-betul mendekati bukti dalam dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (Dudika).

“Kita berharap ruang praktek siswa jurusan perhotelan ini, semoga siswa bisa berwirausaha serta bagaimana anak-anak bisa langsung bekerja setelah lulus atau menyelesaikan pendidikan dari SMKN 3 Pematangsiantar,” terangnya.

Baca Juga:Kabar Baik, Siantar Segera Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Selama ini, katanya, peserta didiknya magang di DU/DI harus keluar sekolah. Dengan adanya perhotelan yang standart di SMKN 3, maka tidak perlu ke luar lagi untuk magang di DU/DI di luar karena sekolah sudah menyediakan fasilitas praktek dengan standart yang sama dengan hotel-hotel di luar.

“Bangunan ruang praktek siswa ini sama dengan hotel yang berkelas seperti hotel berbintang tiga dan empat. Semoga bisa bermanfaat untuk ke depannya. Para siswa tidak susah lagi jika dapat pekerjaan di perhotelan kalau sudah tamat dari SMK ini,” pungkasnya. (yetty/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
18,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: