30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Siantar Diserbu Sampah Busuk di TPS, Kadis DLH : Alat Berat Sampah Rusak

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Warga mengeluhkan sampah menumpuk di beberapa Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Terlihat sampah meluber hingga tidak lagi tertampung di bak sampah. Bahkan kondisinya sudah mengotori badan jalan tempat perlintasan hingga mengganggu warga. Bahkan aroma tak sedap pun sangat terasa mengganggu. Warga mengeluhkan lambatnya pengangkutan sampah.

“Gak tau ini kenapa, kok tak diangkut – angkut sampah ini. Biasanya tiap hari sampah langsung diangkut,” kata salah satu warga, Suminah (56) yang tinggal dekat dengan TPS di Jalan Sisingamangaraja, pada, Kamis (4/8/22).

Dia menyebut sampah itu sudah menumpuk sejak 2 – 3 hari lalu. Sehingga mengganggu lalu lintas yang ingin berlalu lalang untuk masuk ke jalan sebelah rumahnya. Ditambah lagi sampah menumpuk tersebut menimbulkan bau busuk yang menyengat.

Baca juga:Upaya Kurangi Sampah Plastik, USU Gandeng Earthwise Consulting Jepang

Ternyata, berdasarkan amatan Mistar, di sejumlah TPS, di Kota Pematang Siantar, belum juga terangkut. Gundukan sampah di tempat pembuangan sementara ada yang sampai menggunung hingga keluar dari TPS yang ada. Tumpukan sampah dalam plastik pun tersebar di pinggiran jalan raya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pematangsiantar, Dedi Tunasto Setiawan saat dikonfirmasi tentang hal tersebut mengatakan penyebab terjadinya keterlambatan pengangkatan sampah di TPS adalah alat berat di Tempat Pembuangan Ahir (TPA) yang berada di Tanjung Pinggir mengalami sedikit masalah.

“Jadi Sampah ini belum diambil petugas kebersihan sebab alat berat di TPA sedang rusak. Dan sedang diusahakan secepatnya untuk diperbaiki,” katanya melalui sambungan telepon.

Dedi menuturkan fungsi alat berat tersebut sangat mendukung dalam kegiatan pengelolaan sampah di TPS seperti menempatkan pada zona sampah yang telah ditentukan serta memadatkan sampah yang diangkut dari TPS-TPS di Kota Pematang Siantar.

Baca juga:Sebut Wartawan Seperti Tukang Sampah, Kepala KCP PT Pos Sidikalang Dicopot

“Alat berat yang dimiliki DLH saat ini hanya satu saja,” ungkapnya dengan singkat.

Meski demikian, Dedi akan memastikan bahwa alat berat tersebut akan selesai diperbaiki secepatnya. Dan ia pun menyakini bahwa TPS yang terlambat sampahnya belum diangkut, akan segera diambil.

“Sebentar lagi siap diperbaiki, akan normal kembali,” tutupnya. (yetty/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: