28 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Sempat Diguyur Hujan, Antrean Kendaraan Berkurang di Jalan Medan Pematangsiantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pengendera roda empat, bahkan lebih, yang melintas dari arah Medan menuju Pematangsiantar dan dari Pematangsiantar menuju Parapat, banyak yang terjebak kemacetan lalu lintas. Bahkan tak jarang, terjadi antrean panjang hingga beberapa jam lamanya.

Hal itu terjadi setelah banyaknya kendaraan melintas masuk dan juga ke luar dari Pematangsiantar pada Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kamis (5/5/22). Namun kepadatan arus lalu lintas itu sedikit bekurang lantaran turunnya hujan di Kota Pematangsiantar pada sore hari. Pantauan di beberapa lokasi yang biasanya padat arus lalu lintas, seperti di Jalan Medan, Kecamatan Siantar Martoba, kendaraan tampak merayap.

Baca Juga:Antrean Kendaraan di Jalan Medan Siantar Panjang, Mulai Simpang Koperasi Hingga Sinaksak

Kepala Pos Pam I Jalan Medan, AKP Manaek Ritonga mengatakan, saat ini arus lalu lintas di Jalan Lintas Pematangsiantar-Tebing Tinggi merayap. Sebaliknya, dari arah Medan atau Tebing Tinggi tujuan Pematangsiantar terlihat lengang. “Terpantau arus lalu lintas padat merayap saat ini, tetap kita berlakukan satu arah (one way) dari Siantar menuju Medan,” ujar AKP Manaek Ritonga, Kamis (5/5/22) sore.

Sementara Kasat Lantas Polres Pematangsiantar AKP Relina Lumbangaol menyampaikan, arus lalu lintas hari ini tidak separah hari sebelumnya. Namun arus lalulintas tetap padat merayap. “Kendaraan bergerak pelan. Arus lalulintas ramai lancar,” ujar Kasat Lantas seraya mengatakan bahwa di Jalan Medan dan juga Jalan DI Panjaitan diberlakukan satu arus (one way) hingga saat ini.

Relina kembali mengatakan, padatnya arus lalu lintas diperkirakan bakal berlangsung hingga puncak arus balik pada Sabtu (7/5/22) mendatang. “Kita prediksi sampai Minggu dan puncaknya pada Sabtu. Jadi agar terhindar kemacetan pada Sabtu dan Minggu, silakan diatur jadwal perjalanannya,” ujarnya kembali.

Baca Juga:H+3 Tahun Baru 2022, Antrean Kendaraan Masih Panjang di Pelabuhan Tigaras

Seperti diketahui, pada Rabu (4/5/22) lalu, kondisi antrean kendaraan terjadi dari arah Pematangsiantar menuju Medan. Kondisi bahkan semakin parah saat antrean semakin panjang, bahkan sampai Simpang Dolok Merangir, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun.

Antrean panjang itu disebabkan banyaknya pengendera yang ‘ngotot’ ingin mendahului. Sehingga, arus lalu lintas yang seharusnya dua lajur, berubah menjadi tiga lajur. Sementara, di depan kantor Imigrasi, Kecamatan Tapian Dolok, ada bus umum bertingkat menerobos masuk jalur kanan dan diikuti kendaraan lain dari belakang.

Selain dari Pematangsiantar menuju Medan atau sebaliknya, kemacetan cukup parah juga terjadi dari Pematangsiantar menuju Parapat atau sebaliknya. Situasi tersebut diperparah lagi dengan adanya kendaraan dari arah Raya yang akan masuk ke Jalan DI Panjaitan, Pematangsiantar.

Baca Juga:Ini Penampakan Antrean Kendaraan di Gerbang Tol Tanjung Mulia Medan

Untuk mengantisipasi kemacetan, petugas lalu lintas di Pospam samping eks Timbangan Simpang Dua melakukan jalur buka tutup. Kemudian, kendaraan yang menuju Kota Pematangsiiantar dialihkan melalui jalan alternatif Simpang Bahkora yang akhirnya tembus ke jalan Melanthon Siregar.(hamzah/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: