spot_img

Semarak Bulan Bahasa 2022, MGMP Bahasa Indonesia SMA se-Cabdis Siantar Gelar Berbagai Perlombaan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Dalam rangka memperingati semarak Bulan Bahasa Tahun 2022, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Cabang dinas (Cabdis) Siantar menggelar berbagai perlombaan.

Kegiatan yang digelar di Aula SMA Taman Siswa Pematang Siantar selama dua hari dari tanggal 23 hingga 24 November 2022 dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Siantar James Andohar Siahaan yang diwakili KASI-PK SMA Hamonangan Aruan, Rabu (23/11/22).

Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan Provinsi Sumatera Utara di Siantar-Simalungun James Andohar Siahaan melalui KASI-PK SMA Hamonangan Aruan mengatakan, pihaknya mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada MGMP bahasa Indonesia Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun yang sudah membuat acara itu.

Baca Juga:Cabdis Pendidikan Siantar Sosialisasi Pengisian Tracer Study Bagi SMK

“Kegiatan ini sangat bagus sekali. Karena anak-anak itu perlu motivasi untuk menjadi pelajar pancasila yang seutuhnya. Membiasakan siswa agar memiliki karakter yang mandiri, kritis dan kreatif. Seperti yang ada di 6 capaian profil Pelajar Pancasila,” katanya.

Lebih lanjut, ucap Hamonangan, dalam profil pelajar Pancasila seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, memiliki beberapa dimensi kunci, yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Gotong royong, Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif.

“Dengan adanya kegiatan yang diinisiasi oleh MGMP Bahasa Indonesia ini, maka akan timbul bibit generasi muda yang hebat dari Cabdis Siantar. Sehingga, apabila ada event nantinya di tingkat provinsi, maka kami tidak perlu susah, sebab para pemenang dari perlombaan ini akan menjadi kandidat yang akan dipilih,” ujar Hamonangan Aruan.

Sementara Ketua Panitia Semarak Bulan Bahasa 2022 MGMP Bahasa Indonesia SMA se Cabdis Siantar, Budi S dalam laporannya menyampaikan, bahwa seyogianya kegiatan semarak bulan bahasa tersebut dilaksanakan sekaligus memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober.

“Rencana kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober, karena ada sesuatu kendala maka kegiatan berlangsung hari ini,” kata Budi.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut menurut Budi adalah untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak dibidang bahasa dan sastra. Untuk semarak bulan bahasa 2022 ini, pihaknya menggelar 5 bidang berbagai perlombaan yakni lomba pidato, lomba teatrikal puisi, lomba drama satu babak, dan lomba duta pelajar, yang dilaksanakan di dua tempat yakni di aula SMA Taman Siswa dan di SMAN 2 Pematang Siantar.

Baca Juga:Tawuran Pelajar Meresahkan, Kadis Pendidikan Siantar Ambil Langkah Tegas

Ia menambahkan dari data jumlah 100 lebih SMA yang ada di Cabdis Siantar, hanya 29 sekolah yang ikut  bertanding dalam kegiatan tersebut, yakni dari Kota Pematang Siantar 12 sekolah dan dari Kabupaten Simalungun 17 sekolah. Dia juga mengucapkan terimakasih buat semua panitia yang telah banyak meluangkan waktu demi mensukseskan acara tersebut.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kota Pematang Siantar, Susi Amny Magdalena Siregar menyebutkan bahwa acara tersebut merupakan kegiatan tahunan MGMP Bahasa Indonesia Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun setiap tahunnya.

“Namun karena kondisi Covid-19, selama dua tahun kegiatan seperti ini terpaksa dihentikan. Syukur Alhamdulillah, pada tahun ini dapat dimulai lagi, dan mudah-mudahan pelaksana kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dikatakan Susi, adapun tujuan kegiatan ini adalah, untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila yang mampu berkesenian dan berbahasa yang benar. Serta memiliki karakter yang kuat tentunya. Sehingga nanti tidak akan mudah terbawa arus negatif dari hadirnya era disrupsi saat ini.

Dia juga berpesan kepada para peserta lomba agar mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. Dan berlombalah secara objektif. Dengan pelaksanaan lomba ini, Susi berharap kepada para peserta lomba akan bisa mewujudkan impian serta harapannya dikemudian hari.

“Jadi, ini merupakan langkah yang tepat buat anak-anak kami untuk melatih diri sendiri, bisa berbahasa dan berkesenian dengan baik,” sebut Susi.(yetty/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: