23.9 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Sampah Kota akan Dijadikan Pembangkit Listrik, Dedy Setiawan: Berkekuatan 2 Megawat per Hari

Pematangsiantar / Mistar – Untuk memenuhi kebutuhan energi listrik, pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Pematangsiantar memanfaatkan sampah sebagai solusinya. Dalam waktu dekat sampah akan dijadikan sumber energi listrik.

“Kita sudah menjalin kerjasama dengan investor, untuk memanfaatkan sampah sebagai energi listrik. Sekarang kita tahap pematangan kerjasamanya,” kata PLh.Dinas Lingkungah Hidup dan Kebersihan Kota Pematangsiantar, Dedy T,Setiawan menjawab Mistar di ruang kerjanya, Rabu (23/10/19).

Rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTS) ini, imbuh Dedy, kerjasamanya dengan PT Solusi Energi Ramah Lingkungan. Bahkan Memorandum of Understanding (MoU) nya sudah dibuat.

Permintaan investor juga katanya sudah terpenuhi, antara lain, Pemko Pematangsiantar harus menyiapkan lahan seluas 2000m2, dan harus mampu mensuplay sampah sebanyak 100 ton per hari.

“Berdasarkan data yang kita punya, sampah Kota Siantar mencapai 228 ton per hari. Artinya, bahan baku untuk energi listrik yang dibutuhkan investor itu sangat terpenuhi, bahkan berlebih,” kata Dedy Setiawan optimis.

Ditanya kapasitas energi yang akan dihasilkan? Dari besaran tonase sampah yang diminta investor itu, katanya, akan menghasilkan 2 megawatt (MW) energi listrik per hari.

Selain itu, pihak Dinas LKH juga telah mempersiapkan rancangan untuk power purpose agrement (PPA) atau perjanjian untuk jual beli tenaga listriknya. Dan instansi teknis untuk kerjasamanya tentu harus dengan pihak PLN.

Mesin pengolah sampah untuk PKTS itu, katanya dipilih buatan Jerman. Pilihan mesin ini didasarkan analisa ilmiah, karena buatan Jerman zero emisi (0 emisi) dan sangat ramah lingkungan.

Menanggapi peran pemulung yang selama ini menjadikan sampah sebagai sumber nafkahnya? Kata Dedy, justru dengan adanya PLTS ini, pemulung akan diberdayakan, dan dijadikan mitra usaha untuk pengadaan sampahnya.

Karena kata Dedy Setiawan, tidak semua sampah bisa dijadikan bahan baku PLTS.

Penulis : herman

Editor : Herman Maris

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Puluhan Mobil di Kompleks Mutiara Residence Deli Serdang Dirusak OTK

Medan, MISTAR.ID Sejumlah mobil yang terparkir di halaman dan garasi rumah warga di Kompleks Mutiara Residence Jalan Rumah Sakit Haji, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: