31 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

Sampah Di Kanopi Pasar Horas Akhirnya Dibersihkan

Siantar, MISTAR.ID – Petugas Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) Kota Pematangsiantar langsung berbenah membersihkan sampah yang menumpuk dan berserak di pinggira Jalan Merdeka dan di kanopi pasar tradisionil kota terbesar kedua di Sumatera Utara itu, Kamis (30/1/20).

Pembersihan itu berawal dari keluhan beberapa warga yang berkunjung untuk berbelanja ke Pasar Horas. Sampah-sampah itu sangat risih di pandang mata, dan sangat tidak pantas dibuang di kanopi pasar itu.

“Kami senang petugas langsung membersihkan sampah-sampah yang di atas kanopi. Jelek dan kotor sekali kelihatan. Kemarin ada wartawan yang telah membantu menindaklanjuti keluhan kami,” ucap Efendy Siregar sambil tersenyum pada reporter Mistar yang memberitakan persoalan sampah itu sehari sebelumnya.

Menurut Effendy, sudah beberapa kali tumpukan sampah itu diinformasikan pada dinas terkait, namun tidak pernah ditindaklanjuti. Warga dan pengunjung Pasar Horas hanya bisa tutup mulut saat melintas dari tumpukan sampah itu, karena aroma tak sedap menguap terbawa angin.

Beberapa pedagang pun senang, ssampai bersih di sekitar dan sampah yang di kanopi juga bersih dan tidak kotor lagi.

Warga yang melihat itu juga berharap agar siapapun orangnya jangan lagi membuang sampah sembarangan, seperti membuang sampah ke kanopi itu, sangat tidak etis.

Ester, salah satu pedagang kain di Pasar Horas mengaku, bahwa dia tidak mengetahui siapa yang membuang sampah ke kanopi itu.

“Kalau menuduh seseorang, nanti bisa jadi tidak enak pula, dan bisa berselisih paham. Biarlah petugas yang menindak siapa pelakunya,” ujarnya.

Pantauan Mistar, sampah-sampah sudah diangkut, kanopi pun tampak bersih dari sampah. Para petugas PD PHJ telah mebersihkan sampah-sampah yang menumpuk tersebut.

Pembersihan sampah-sampah itu dipimpin Imran Simanjuntak, selaku Direktur Pengembangan SDM PD PHJ.

“Kami sudah sering membersihkan kanopi ini. Memang sampah tersebut berasal dari para pedagang yang di sekitarnya, namun tidak ada yang mau bertanggungjawab. Petugas pasar terus mengingati agar membuang sampah pada TPS yang disediakan,” ujar dia mengimbau para pedagang untuk sadar akan arti penting kebersihan.(hm02)

Penulis : Yetty

Editor : Herman Maris

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: