30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Rusak Sejak 2019, Gapura Lapangan H Adam Malik Tak Kunjung Diperbaiki Pemko Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Gapura yang ada di Lapangan H Adam Malik, Kota Pematangsiantar rusak. Pemandangan ini, sudah berlangsung sejak lama dan hingga kini luput dari perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar, Senin (23/5/22).

Gapura berbentuk kepala kerbau itupun dan mengarah ke Balai Kota Jalan Merdeka, Pematangsiantar itu jelas merusak estetika kota. Selain tak layak dipandang mata, dikhawatirkan gapura itu runtuh dan menimpa orang di bawahnya dimana lokasi itu kerap digunakan warga untuk menunggu angkutan umum.

Berdasarkan pantauan Mistar hari ini, gapura berbahan beton itupun sudah ada yang rusak. Sebagian gapura juga sudah runtuh. Kerusakan pada gapura itupun telah berlangsung sejak tahun 2019 yang lalu hingga kini belum kunjung mendapat perbaikan.

Baca juga: Instagramable dan Cantik, Wali Kota Resmikan Taman Siantar Man

“Masak gapura itu saja tidak bisa diperbaiki, padahal dekat dengan Kantor Wali Kota Siantar,” ujar salah seorang warga yang menunggu angkutan umum.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Pematangsiantar Kusdianto mengaku kalau perbaikan gapura patung kepala kerbau di Lapangan H Adam Malik sempat terkendala karena pandemi Covid-19.

“Itu nanti dianggarkan dululah (perbaikannya). Karena kemarin pas di masa
Covid-19 itu kan. Itu salah satu yang akan kita anggarkan untuk perbaikannya dan akan menjadi salah satu prioritas,” ujar Kusdianto kepada Mistar.

Baca juga: Warga Padati Lapangan Haji Adam Malik Siantar untuk Sholat Id, Ini Harapan Plt Wali Kota

Terpisah dihubungi, Jan Wiserdo Saragih selaku Ketua Dewan Pimpinan Pusat
Komite Nasional Pemuda Simalungun Indonesia (DPP-KNPSI) mengatakan, agar
Pemerintah Kota Pematangsiantar lebih memperhatikan lagi ikon Simalungun seperti patung kepala kerbau yang telah rusak di Lapangan Adam Malik tersebut.

“Kita harapkan Pemko lebih aktif lagi lagi memperhatikan bangunan ikon Simalungun, seperti gapura patung kepala kerbau yang saat ini telah rusak di Lapangan Adam Malik. Karena ini Icon Simalungun agar segeralah diperbaiki,” pungkasnya. (hamzah/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: