30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Ratusan Wartawan Ikuti Workshop Photo Story BPJS Kesehatan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar Media Workshop Photo Story melalui zoom meeting, Jumat (27/5/22).

Kegiatan itu diikuti ratusan wartawan dan pewarta foto yang merupakan perwakilan dari berbagai media online, media cetak dan media elektronik yang tersebar di seluruh wilayah kantor BPJS Kesehatan se-Indonesia, salah satunya Harian Mistar.

Sekretaris BPJS Kesehatan Arief Syaefuddin mengatakan, dalam perkembangan teknologi narasi di dunia jurnalisme tidak hanya disampaikan dalam media teks saja, akan tetapi banyak media yang dapat menyalurkan kegiatan jurnalisme baik melalui foto dan video.

Baca Juga:Dewan Pers dan Polri Teken MoU Perlindungan Profesi Wartawan

“Sehubungan dengan hal tersebut, kami BPJS Kesehatan menyelenggarakan Media Workshop Photo Story ini. Keberhasilan dalam program JKN-KIS tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk media. Karena itu kita memberikan apresiasi kepada teman-teman media,” kata Arief.

Kegiatan itu menghadirkan dua orang narasumber yang terbagi dalam dua sesi. Adapun tema workshop dalam sesi 1 yakni, foto story itu mudah, yang disampaikan oleh Beawiharta yang merupakan senior visual storytelling photographer yang cukup disegani di dunia foto jurnalistik Indonesia.

Kemudian sesi 2 dengan judul, bagaimana mengembangkan ide dalam foto story, narasumbernya Edy Purnomo, fotografer, educator and visual communication senior yang kini telah sukses membuka sekolah foto.

Baca Juga:Bahas Inpres No 01 Tahun 2022, BPJS Cabang Lubuk Pakam Gelar Diskusi dengan Wartawan

Beawiharta mengatakan, membuat cerita foto itu mudah. Menurutnya, ada dua hal paling penting dalam membuat cerita foto. Yakni cerita dan gambar.

“Hanya itu saja, tidak banyak. Buat ceritanya dulu kemudian divisualkan,” ujarnya.

“Buatlah struktur yang bagus, buatlah cerita yang sederhana, jangan berbelit-belit. Struktur yang jelas itu bisa memakai timeline. Misalnya sebelum memakai BPJS Kesehatan dia seperti ini, setelah menggunakan BPJS jadi seperti ini. Setiap cerita yang bagus harus punya masalah yang bisa dipecahkan di sana,” sambung Beawiharta.

Workshop itu dilaksanakan sekaligus langkah awal dalam menyambut Lomba Karya Foto Jurnalistik BPJS Kesehatan. Karya yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil karya sendiri dan belum pernah dilombakan. (f:yetty/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: