30.6 C
Medan
Friday, August 19, 2022
spot_img

PPDB Online 2022 Tahap II Dimulai, SMKN 2 Siantar Optimis Penuhi Kuota

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Setelah hasil pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahap I diumumkan, Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumut kembali membuka pendaftaran PPDB Tahap II lulusan SMP atau bagi calon peserta didik (CPD) baru SMA dan SMK tahun ajaran 2022/2023, dibuka kembali untuk wilayah zona II.

Untuk Pendaftaran PPDB Tahap II SMK-SMA zona II dimulai pada tanggal 6-10 Juni 2022 meliputi Kota Sibolga, Kabupaten Tapteng, Kabupaten Taput, Kabupaten Humbahas, Toba, Samosir, Simalungun, Pematang Siantar, Tanjung Balai, Asahan, Batu Bara, dan Pakpak Barat.

Menurut Kepala SMK Negeri 2 Pematangsiantar Bintang Tumanggor, untuk Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Pematangsiantar di Jalan Asahan Kecamatan Siantar Timur, kuota atau daya tampung PPDB online tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 684 siswa, 19 rombel dengan 9 program kompetensi keahlian.

Adapun 9 program kompetensi keahlian yang ada di SMKN 2 Pematangsiantar yakni, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan 1 rombel, 36 siswa.

Baca Juga:PPDB Online Tahap I Wilayah Cabdis Siantar Capai Kuota 10.692 Kursi

Bisnis Konstruksi dan Properti 2 rombel, 72 siswa. Teknik Instalasi Tenaga Listrik 3 rombel, 108 siswa. Teknik Jaringan Tenaga Listrik 1 rombel, 36 siswa. Teknik Permesinan 3 rombel, 108 siswa.

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 3 rombel, 108 siswa. Teknik Otomotif 1 rombel, 36 siswa. Teknik aAudio Vidio 2 rombel, 72 siswa danĀ  Multimedia 3 rombel 108 siswa.

“Tahap II yakni jalur seleksi prestasi nilai rapor dengan total 60 persen dari kuota atau daya tampung dibuka mulai hari ini tanggal 6 sampai 10 Juni 2022,” kata Bintang, Senin (6/6/22).

Baca Juga:Kuota PPDB SMA/SMK di Asahan dan Batu Bara 9.567 Siswa

Untuk sejauh ini, ucap Bintang, pelaksanaan PPDB online berjalan dengan lancar. Hanya saja masih ada beberapa CPD yang datang ke sekolah.

Hal ini, kata Bintang, dikarenakan konektivitas internet yang lemah di daerah tempat tinggal CPD. Ataupun butuh petunjuk langsung cara pendaftaran secara online.

“Kebetulan, peminat yang mendaftar ke SMKN 2 ini kebanyakan berasal dari luar kota ataupun Kabupaten Simalungun. Selain itu, calon peserta didik baru tersebut kurang mengerti mendaftar dengan menggunakan handphone Android,” ujarnya.

Saat disinggung, apakah SMK Negeri 2 Pematangsiantar optimis dapat memenuhi kuota, dia mengatakan, optimis.

Baca Juga:Hasil Kelulusan PPDB Online 2022, Ini Kata Kacabdis Siantar

“Saya optimis jumlah kuota tadi dapat terpenuhi. Walaupun ada beberapa jurusan di sekolah ini yang tidak familiar lagi. Ataupun peminatnya sangat sedikit, yakni jurusan audio video dan bangunan,” jelas Bintang.

Dia menuturkan, alasan minimnya peminat terhadap kedua jurusan tersebut sangat klasik. Seperti jurusan audio video ini lebih mengarah pada radio dan televisi.

Banyak yang beranggapan di mana perkembangan radio dan televisi saat ini dibandingkan digital teknologi lainnya, sudah tidak zamannya.

Baca Juga:Jumlah Pendaftar PPDB 2022 Online SMA dan SMK Capai 7.190 Tahap Pertama

Mengenai jurusan bangunan, menurut Bintang, banyak masyarakat beranggapan bahwa orang zaman sekarang ini sudah gampang membuat bangunan.

Selain itu, pandangan masyarakat bahwa tukang bangunan, kondektur saja bisa jadi tukang bangunan.

“Sekarang calon peserta didik lebih meminati teknik automotif, teknik permesinan, kelistrikan, dan multimedia. Jurusan inilah yang paling banyak peminatnya,” tutur dia.(yetty/hm10)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: