spot_img

Perang Rusia-Ukraina Sebabkan Kenaikan Harga Barang di Siantar, ini Penjelasannya

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Perang antara negara Rusia dengan Ukraina menjadi salah satu faktor penyebab tekanan inflasi ke depan yang masih akan terjadi. Tentunya, perang tersebut juga berdampak kepada kenaikan harga komoditas global, termasuk di Kota Pematang Siantar.

Seperti disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar Teuku Munandar dalam kata sambutannya di acara Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (Germas PIP) yang digelar di Lapangan Parkir Pariwisata Kota Pematang Siantar, Jumat (30/9/22).

“Kenaikan harga komoditas global yang di antaranya akibat perang Rusia-Ukraina yang belum memperlihatkan tanda-tanda perdamaian. Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, mengapa perang Rusia dan Ukraina bisa menyebabkan harga barang di Siantar mengalami kenaikan,” ujarnya.

Baca Juga:Paus Fransiskus: Konflik Rusia-Ukraina adalah Perang Dunia

Sebagai informasi, lanjut Munandar, Rusia merupakan produsen ammonium nitrat (bahan utama pembuat pupuk) terbesar dunia, yaitu 2/3 kebutuhan dunia dipasok dari Rusia. “Kalau bahan baku pupuk terganggu, maka produksi pupuk akan terhambat,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Munandar, Ukraina dan Rusia merupakan produsen minyak nabati (17 persen kebutuhan dunia). Impor gandum Indonesia sekitar 25 persen dari Ukraina. Rusia adalah penghasil minyak bumi terbesar kedua di dunia dan memasok 40 persen kebutuhan gas di eropa.

“Jadi saat pihak barat mengembargo rusia, lalu Rusia membalas dengan menghentikan penjualan komoditas hasil alamnya, tentu saja pasokan pangan global dunia akan terganggu. Untuk membuat roti atau kue-kue di Pematang Siantar, tentunya membutuhkan tepung terigu yang bahan bakunya adalah gandum. Bila harga gandum dunia naik, akan berdampak pada harga tepung terigu,” tutur Munandar memberikan penjelasan sederhana kaitan perang Rusia-Ukraina dengan kenaikan harga barang di Kota Pematang Siantar.(ferry/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: