spot_img

Pengunjung Keluhkan Penyelenggara Gebyar UMKM 2022 Kurang Persiapan Hadapi Cuaca Ekstrem

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Gebyar UMKM 2022, resmi dibuka pada Kamis (24/11/22). Gelaran para pelaku usaha kreatif ini rencananya akan berlangsung mulai hari ini hingga 26 November 2022, di lapangan Haji Adam Malik Kota Pematang Siantar.

Sayangnya, para pengunjung acara tersebut keluhkan pihak penyelenggara sepertinya kurang menyiapkan langkah antisipasi menghadapi cuaca ekstrem yang mungkin terjadi. Apalagi pada saat pembukaan kegiatan ini, ada salah satu kegiatan yang dinanti-nanti pengunjung saat itu, yakni pagelaran Upasa Simalungun atau pantun Simalungun secara serentak oleh ribuan pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK.

“Harusnya, adalah tenda. Ini anakku dari pagi panas-panasan di lapangan, terus kena hujan lagi. Kasihan anak-anak jadinya, seharusnya panitia mempersiapkanlah (tenda-red),” keluh salah satu pengunjung, Mama Berta Marpaung, yang terpaksa numpang berteduh di salah satu penjual makanan “rambut nenek”.

Baca juga:Ribuan Pelajar Siantar Gelar Upasa Simalungun di Gebyar UMKM 2022, Targetkan Rekor MURI

Hal serupa juga diungkapkan orang tua dari salah satu murid yang ikut serta dalam pagelaran Upasa Simalungun atau pantun Simalungun di acara Gebyar UMKM 2022. Orang tua tersebut berdiri sembari melirik sana sini mencari anaknya. Ia pun melihat putrinya berteduh dan berhimpit-himpit dengan masyarakat lainnya yang berteduh di tangga balai bolon utama karena hujan deras.

“Aduh Tuhan, kasihannya anak ku itu, udah lepas Bulangnya (Bulang atau penutup kepala untuk perempuan Simalungun),” ujar seorang wanita sambil pakai payung, sesaat setelah menemukan putrinya dan langsung menghampirinya.

Salah seorang pelajar yang sudah basah kuyup, serta menggigil kedinginan, tetap setia menunggu acara tersebut. Ketika ditanya salah satu pelaku usaha di dekatnya, agar berteduh di standnya saja. Mengingat baju sekolah yang dikenakan pelajar tersebut sudah basah karena hujan.

Baca juga:Bangkitkan Ekonomi Lokal, Pemko Siantar Gelar Gebyar UMKM

“Terimakasih bu, minta tolong, tas saya aja di sini sebentar. Saya lagi menunggu bus tujuan pondok sayur,” kata anak tersebut sambil menggigil kedinginan.

Kegiatan yang banyak di nantikan pengunjung Gebyar UMKM 2022 yaitu Upasa Simalungun yang Pecahkan Rekor MURI tersebut seharusnya seru dan meriah terpaksa bubar seketika karena guyuran hujan deras.

Mau tidak mau, ribuan para pelajar dan masyarakat yang ikut menyaksikan pembukaan Gebyar UMKM 2022, terpaksa berteduh dan harus kecewa karena tidak bisa menyaksikan pertunjukan pantun Simalungun tersebut dan pertunjukan seni lainnya dengan waktu lebih lama. (yetty/hm06)

 

 

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: