23.9 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

MTQ Tingkat Kecamatan di Siantar Dimulai, Diawali di Siantar Selatan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan di Kota Pematangsiantar dimulai. Diawali di Kecamatan Siantar Selatan. MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Selatan dibuka Wali Kota Pematangsiantar H Hefriansyah di halaman Kantor Lurah Simalungun Jalan Sabang-Merauke, Kamis (18/2/21).

H Hefriansyah mengatakan, penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al Qur’an serta menegakkan Syiar Islam guna memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

“Bagi kaum Muslim, Al Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, yang berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif,” kata Hefriansyah.

Baca Juga:MTQ Siantar 2021 Dilaksanakan dengan Prokes

Dilanjutkannya, dalam MTQ ini akan tampil Qari-Qariah dan Hafiz-Hafizah terbaik yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, yang kompetitif dan berkarakter Islami sebagaimana akhlak Rasulullah.

Diterangkannya, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al Qur,an, tapi jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al qur’an.

“Saya sampaikan selamat dan terima kasih kepada pihak Kecamatan Siantar Selatan atas keramahan, kehangatan, dan antusiasme menyambut penyelenggaraan MTQ. Selamat mengikuti MTQ kepada semua peserta. Semoga keikutsertaan Saudara-saudara memberi manfaat dan maslahat dalam mengembangkan Syiar Islam di Kota Pematangsiantar,” jelasnya.

Baca Juga:Kelurahan Binjai Serbangan Asahan Gelar MTQ di Mesjid Raya Airjoman

Sementara, Ketua Panitia MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Selatan Dimas Suprayogi menjelaskan, diadakannya MTQ untuk menumbuhkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Qur,an.

“Tujuan pelaksanaan MTQ merupakan seleksi di tingkat kecamatan yang nantinya akan diikut-sertakan ke MTQ tingkat Kota Pematangsiantar,” katanya.

Cabang-cabang yang diperlombakan yaitu,Tartil Quran Putra/Putri, Tilawah Anak-anak Putra/Putri, Tilawah Remaja Putra/Putri, Tilawah Dewasa Putra/Putri, dan Thafiz 1 Zus Putra/Putri, dengan peserta 71 orang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten II Pemko Pematangsiantar Zainal Siahaan, Danramil 03/Siantar Selatan diwakili Babinsa Rudi Aksana, Kapolsek Siantar Selatan Iptu H Gultom, Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar Syahputri Hefriansyah Br Hutabarat, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Mardiana, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.(ferry/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: