28.9 C
Medan
Saturday, December 4, 2021
spot_img

Layaknya Pemilu, SMAN 5 Siantar Gelar Pemilihan Ketua OSIS

Pematangsiantar, MISTAR.ID

SMA Negeri 5 Pematangsiantar yang berada di Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba, Pematangsiantar, menggelar pesta demokrasi pemilihan calon Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) untuk masa bakti 2021-2022, Senin (22/11/21).

Pimpinan SMA Negeri 5 Pematangsiantar Edward Simarmata melalui Wakasek Bidang Kesiswaan dan Pembinaan OSIS Juliaman Saragih mengatakan, pemilihan Ketua OSIS yang dihelat di halaman sekolah itu berlangsung layaknya pemilihan umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Tidak jauh beda dengan proses pemilu, terdapat enam kotak suara yang disediakan panitia penyelenggara pemilihan OSIS di tengah lapangan. Keenam kotak suara itu, dua kotak untuk kelas X, dua kotak untuk kelas XI, dan dua kotak lagi untuk kelas XII,” ucap Juliaman, Selasa (23/11/21).

Baca Juga:SMAN 5 Siantar Lakukan Pemilihan Ketua OSIS dengan Sistem Pemilu

Dia menjelaskan, sebelum pelaksanaan pencoblosan, para kandidat terlebih dahulu mengikuti debat, pemaparan visi misi dan program kerja. Selanjutnya diberikan tiga tahapan kampanye yaitu kampanye simpatik dari teman-temannya, kedua kampanye dalam kelas karena situasi pandemi mereka bisa kampanye di lapangan atau melalui daring. Ketiga kampanye akbar, kampanye akbar dilakukan di hadapan semua siswa.

Pada pemilihan itu, ucap Juliaman, panitia menghadirkan tiga pasang kandidat calon ketua dan wakil ketua ketika dilakukan pemilihan. Namun, mereka tidak bisa lagi memberikan kampanye untuk menarik suara peserta didik lainnya. Juliaman juga menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk  mengedukasi siswa bagaimana terjadinya pemilihan umum di negara Indonesia, dan mempraktikkan secara langsung hak suaranya.

Adapun hasil perolehan suara pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAN 5 Pematangsiantar untuk 2021/2022 yang terpilih adalah Cristian Siboro kelas XI PIS 1 dengan perolehan suara 232 suara, terpilih sebagai ketua. Sedangkan untuk wakil ketua, Bernas Damanik kelas X PIS 2 dengan perolehan suara 305 suara. (yetty/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: