25 C
Medan
Tuesday, September 28, 2021
spot_img

Kamar Warga Binaan Lapas Kelas IIA Siantar Digeledah, Petugas Temukan Handphone dan Mancis

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Lembaga permasyarakatan (Lapas) kelas IIA Pematangsiantar Kanwil Kemenkuham Sumatera Utara (Sumut) kembali melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (14/9/21) sekitar pukul 20.00 WIB.

Kepala lembaga pernasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi melalui Ka KPLP Sahat Bangun menyebutkan, pemeriksaan tidak hanya dilakukan di kamar hunian para WBP saja. Namun juga dilakukan penggeledahan pada tubuh warga binaan. Razia yang digelar di blok AA kamar 5, blok BB kamar 7 dan blok Ambarita kamar 21.

“Adapun hasil yang ditemukan berupa 1 unit HP, 3 buah headset, charger, beberapa mancis, 1 unit musik box kecil dan tidak ditemukan adanya Narkoba,” ujarnya.

Baca Juga:Antisipasi Kebakaran, Kadivpas Instruksikan Lapas dan Rutan Periksa Instalasi Kelistrikan

Sahat Bangun mengatakan, hal ini merupakan komitmen dan wujud keseriusan Lapas Kelas IIA Pematangsiantar dalam memerangi dugaan peredaran Narkoba di dalam Lapas. Dan juga sebagai deteksi dini adanya gangguan keamanan dan ketertiban di lapas tersebut. Petugas pun tidak lupa pada tralis dan tembok juga turut diperiksa guna mencegah pelarian warga binaan.

Dia juga menyebutkan, kegiatan razia yang laksanakan itu berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Lapas Kelas IIA Pematangsiantar akan terus berbenah dalam hal pengamanan.

“Saya tidak akan pernah lelah menyampaikan kepada seluruh jajaran pengamanan agar meningkatkan intensitas kontrol keliling atau trolling dan mengawasi setiap kegiatan warga binaan sebagai bentuk pencegahan dan deteksi dini dan menekan gangguan Kamtib di dalam Lapas,” ujar Sahat Bangun.

“Jika lembaga permasyarakatan aman dari ganguan keamanan dan ketertiban, maka proses pembinaan pun akan berjalan dengan baik,” terangnya. Sementara untuk barang-barang yang ditemukan dalam razia tersebut akan dimusnahkan dengan cara dibakar. (yetty/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
18,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: