32 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Kacabdisdik Siantar Geram Banyak Murid Berkeliaran Pada Jam Belajar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sejak diberlakukannya pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) pada masa pandemi di Kota Pematangsiantar, akhir-akhir ini seringkali ditemukan anak didik SMA/SMK sederajat yang berkeliaran pada saat jam pelajaran berlangsung. Ironisnya, tawuran antar pelajar pun kerap terjadi.

Amatan Mistar, salah satu tongkrongan favorit para anak didik di kota Pematangsiantar adalah Lapangan Merdeka atau yang sering disebut Taman Bunga yang letaknya persis di depan kantor Balai Kota Pematangsiantar. Hampir setiap hari anak didik yang berseragam putih abu-abu terlihat nongkrong dan berkeliaran di tempat tersebut. Bukan itu saja, siswa SMA sederajat sering dijumpai berkeliaran pada saat jam belajar berlangsung seperti di Pasar Horas dan tempat-tempat warung internet (Warnet).

Menanggapi hal tersebut Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Siantar James Andohar Siahaan saat dikonfirmasi merasa geram dan akan segera menindak tegas juga menyurati setiap satuan pendidikan bagaimana cara menerapkan siswa-siswi agar tidak ada berkeliaran pada saat jam pelajaran maupun pada saat pulang sekolah.

Baca juga: PTM Terbatas, Banyak Siswa SMA/SMK Pematangsiantar Malah Nongkrong

“Saya akan segera melakukan cek di lapangan atau tempat-tempat tertentu. Untuk melihat langsung siswa-siswi yang berkeliaran pada saat jam pelajaran berlangsung,” ujar James dengan tegas Rabu (19/1/22).

Dia mengatakan, barangkali ada sekolah-sekolah lalai terhadap anak didiknya, tidak masuk saat jam belajar berlangsung. Minggu depan pada saat setelah efisien pembelajaran tatap muka 100 persen, ia dan tim akan lakukan sidak atau keliling pada setiap satuan pendidikan.

“Apabila hal tersebut terjadi, kita akan berkoordinasi dan membentuk tim untuk melakukan razia kepada anak-anak yang bolos pada saat jam pelajaran. Saya sendiri sering melihat dan turun ke lapangan memantau murid yang tidak sekolah,”ucapnya.

Baca juga: Minggu Depan Bobby Buka PTM di Medan 

James menuturkan, terkait hal ini sudah disampaikan kepada satuan pendidikan sebelumnya, agar di setiap titik-titik rawan PKS setiap pagi dan siang sudah berada pada titik lokasi untuk memastikan anak-anak tersebut tidak berkeliaran pada saat jam belajar berlangsung.

“Kita akan surati lagi nantinya semua satuan pendidikan supaya diperketat jangan diberikan ruang untuk anak-anak melakukan kegiatan di luar jam pelajaran,”kata James. (yetty/hm09)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: