25 C
Medan
Tuesday, October 26, 2021
spot_img

Jumlah Lansia Siantar untuk Vaksin Kurang Akurat, Dinkes Akan Bergerak dari Pintu ke Pintu

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Data jumlah warga Kota Pematangsiantar yang Lanjut Usia (Lansia) sebagaimana dilansir Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), sepertinya masih kurang akurat.

Menurut KPC-PEN, jumlah Lansia di Kota Pematangsiantar yang ditargetkan untuk divaksin sebanyak 25.592 orang. Sementara hasil pendataan petugas Puskesmas hanya sekitar 15 ribuan orang.

Hasil pendataan petugas Puskesmas itu lebih banyak lagi dari data jumlah yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Seperti disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, dr Ronald H Saragih, Rabu (13/10/21).

Baca juga: Kapolres Batu Bara Maksimalkan Vaksinasi Massal, Lansia Jadi Prioritas

“Lansia kita, per tanggal semalam, sudah mencapai 40,25 persen. Jadi secara menyeluruh dari target 212.931 orang itu, kita sudah vaksin 48,16 persen, tinggal sedikit lagilah ini mencapai 50 persen. Berarti, kemungkinan, nanti kita sudah bisa turun ke level satu, karena untuk Lansia yang 40 persen sudah bisa kita capai,” bebernya.

Hari ini, lanjut Ronald, pihaknya akan melakukan pertemuan terkait program Vaksinasi Lansia yang akan dihadiri petugas Puskesmas, dalam rangka percepatan Vaksinasi Lansia bisa lebih digenjot lagi.

Baca juga:Kapolres Tebing Tinggi Beri Hadiah Lansia Usai Divaksin

“Karena, kalau menurut KPC PEN, disini Lansia (jumlahnya) 25.592 orang, tapi kalau menurut pendataan teman-teman di Puskesmas, kayaknya gak segitu (jumlahnya), sekitar 15 ribuannya itu. Tapi, kalau kita tanya Capil, itu lebih banyak lagi. Makanya nanti kita rapat ini, kita akan sisir lagi nanti. Kalau umpamanya nanti ada Lansia yang tidak mau datang ke Puskesmas, kita akan bergerak menyisir door to door,” tuturnya. (ferry/hm06)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: