25 C
Medan
Thursday, May 26, 2022
spot_img

Jelang Nataru, Harga Telur dan Cabai Merah Mulai Naik di Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Lonjakan harga tidak hanya terjadi pada minyak goreng yang mencapai Rp18.000 hingga Rp19.000 per kilogram (kg), tapi juga terjadi pada harga sembako lainnya. Harga beberapa kebutuhan pokok mulai naik.

Pantauan Mistar.id, Senin (8/11/21), harga berbagai kebutuhan terutama sembako, seperti cabai merah dan telur juga merangkak naik. Sementara ketersediaan sembako, baik di pedagang eceran maupun distributor masih cukup.

Salah satu penjual telur ayam di Pasar tradisional Dwikora Pematangsiantar bernama Alex mengaku, kenaikan tersebut sudah terjadi dalam sepekan terakhir. “Harga telur ayam sudah jalan seminggu inilah naiknya. Biasa memang begini kalau mau akhir tahun. Kebaikan saat ini masih tingkat wajar, sebab banyak yang minta dan stok terbatas,” ucapnya.

Baca Juga:Harga Sembako Masih Stabil di Pematangsiantar

Dia mengatakan, harga telur ayam memang perlahan naik setiap butir sebesar Rp150-300 dengan harga bervariasi, yakni Rp1.200-1.450 per butir. Sedangkan harga telur ayam kampung Rp3.000-3.500 per butir.

Menurut pedagang telur lain, Ahmad, sudah pasti terjadi perubahan harga eceran di pasar. Sebab, kalau di tingkat agen atau distributor saja sudah terjadi kenaikan maka akan terjadi pula perubahan harga menjadi naik di pasar.

“Kabarnya, telur banyak diborong buat bantuan sosial (bansos). Kalau sampai terjadi kenaikan harga, itu sudah menjadi hal biasa, apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga akan terus bergerak naik,” pungkas pria yang mengenakan kacamata tersebut.

Baca Juga:Harga Sembako Melonjak, Pelaku Usaha Rumah Makan Terpaksa Naikkan Harga

Demikian juga dengan harga cabai merah juga naik, hingga tembus Rp 44.000 per kg, yang semula dijual Rp32.000 per kg. Sedangkan harga cabai lainnya masih tergolong normal. Seperti cabai rawit dan cabai hijau Rp22.000 per kg.

“Yang naik ini cabai merah, sudah Rp44 ribu per kg. Cabai lainnya bisa dibilang masih biasa saja,” kata Rosmita, seorang pedagang sayur dari Kabupaten Simalungun yang berjualan di Pasar Dwikora Pematangsiantar.

Dari sejumlah pedagang sayur menyebutkan bahwa harga cabai diprediksi akan terus bergerak naik seiring meningkatnya permintaan jelang pergantian tahun. (yetty/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: