25 C
Medan
Monday, October 25, 2021
spot_img

Ini Penampakan Pembangunan Stadion Sangnaualuh Usai Rp22 Miliar Dikucurkan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Meski anggaran yang dikucurkan sudah mencapai sekitar Rp22 miliar dalam pembangunan, namun tidak terlihat adanya perubahan Stadion Sangnaualuh. Bahkan, kondisi stadion saat ini rusak parah.

Hal itu terlihat jelas, di mana beberapa atap tribun yang sebelumnya dipasang dan kini telah hilang akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bahkan, beberapa ruangan yang sebelumnya dilakukan renovasi kini telah hancur dan hanya menyisakan pembangunan drainase yang kini masih berjalan.

Menanggapi kondisi Stadion Sangnaualuh yang saat ini rusak parah, anggota Komisi III DPRD Pematangsiantar Denny Torang Siahaan mengatakan, pembangunan stadion tersebut anggarannya sudah dipakai mencapai Rp22 miliar.

Baca Juga:Habiskan Rp22 M, DPRD Siantar Soroti Pembangunan Stadion Sangnaualuh

“Soal pembangunan stadion anggarannya sudah mencapai kurang lebih Rp22 miliar,” ujar Denny, Senin (27/9/21) siang.

Lebih lanjut dikatakan Denny, dirinya sudah malas membahas tentang kondisi Stadion Sangnaualuh yang saat ini rusak parah. Dirinya lebih suka membahas langkah ke depan soal stadion dan tidak membahas ke belakang.

“Kita sangat menyayangkan. Selama PUPR dijabat saudara Reinward Simanjuntak, gagal dalam mendatangkan anggaran terhadap Stadion Sangnaualuh,” katanya.

Baca Juga:Tribun Stadion Sangnaualuh Dipreteli, PUPR Siantar Berkoordinasi ke Polsek

Denny mengatakan, Kadis PUPR sebelum Reinward, bisa menghadirkan anggaran seperti dari DAK dan APBN. Sekarang tidak dapat menghadirkan anggaran dari APBN.

“Jadi kalau semua pembangunan Kota Pematangsiantar mengharapkan APBD, sampai kapanpun pembangunan itu tidak berhasil, dikarenakan anggarannya terbatas, apalagi di masa pandemi saat ini,” ujarnya kembali.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pematangsiantar Reinward Simanjuntak ketika dikonfirmasi terkait pembangunan Stadion Sangnaualuh tidak memberikan komentar banyak.

Baca Juga:Tuntaskan Pembangunan Stadion Sangnaualuh, Jonson Tambunan: Lagi Proses

“Aku kan sudah pensiun hari ini. Ngomong saja sama PPK-nya. Biar aku kirimkan sebentar lagi nomornya,” ujar Reinward singkat.

Musa Silalahi selaku Pejabat Pembuat Komitmen yang dihubungi terkait  pembangunan Stadion Sangnaualuh mengaku anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan itu mencapai Rp22 miliar.

“Terkait fasilitas yang rusak kita tunggulah hasil laporannya. Karena kita sudah laporkan kehilangannya. Anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan itu mencapai Rp22 miliar,” ungkap Musa ketika dihubungi.

Baca Juga:Kondisi Stadion Olahraga di Siantar Parah, Prestasi Sepak Bola Mati Suri

Musa kembali mengatakan, saat ini sedang dibangun drainase untuk menyedot air dari lapangan agar tidak becek dengan anggaran sekitar Rp1,9 miliar.

Untuk diketahui, pembangunan Stadion Sangnaualuh dimulai sejak tahun 2017 dan sempat terbengkalai. Kemudian, dilanjutkan pada tahun 2018. Selanjutnya, dilaksanakan lagi tahun 2021. Jika pembangunannya tidak dilakukan secara berkala, bukan tidak mungkin bangunan yang ada sekarang menjadi rusak sebelum digunakan.

Sementara saat pembangunan mangkrak, material berupa besi sudah banyak hilang dicuri orang dan stadion tersebut malah pernah dijadikan sebagai lokasi untuk penyalahgunaan narkotika. Terbukti, beberapa waktu lalu pihak kepolisian pernah melakukan penangkapan terhadap penyalahgunaan narkoba. (hamzah/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: