30 C
Medan
Saturday, July 24, 2021

Idul Adha, Pegadaian Sembelih 34 Hewan Kurban di 8 Daerah di Sumut

Pematangsiantar, MISTAR.ID

PT Pegadaian (Persero) menyembelih 34 ekor hewan kurban dan membagikannya kepada masyarakat di 8 kabupaten-kota unit kerja Kanwil I Medan dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan Edwin S Inkiriwang melalui Pemimpin cabang PT Pegadaian Cabang Pematang Siantar Darma Satria mengatakan, kegiatan mereka langsung dipimpin Edwin secara virtual.

Sebelumnya telah dilaksanakan pemotongan hewan kurban. Penyembelihan pertama berlangsung di Komplek Rumah Dinas Pegadaian Kanwil I Medan di Jalan Tusam, dengan tema “kurban untuk negeri bersama pegadaian”.

Baca Juga:Rayakan Idul Adha, Lapas Klas I Tanjunggusta Medan Potong 9 Hewan Qurban

Ia mengucap syukur bahwa hewan kurban yang disembelih oleh keluarga besar PT Pegadaian untuk tahun ini bertambah dibandingkan tahun lalu. “Alhamdulillah, kendati di tengah pandemi yang masih berkembang, tetapi partisipasi keluarga besar Pegadaian dalam berkurban cukup besar. Terbukti, tahun ini jumlah hewan kurban bertambah daripada tahun sebelumnya,” ucapnya, Selasa (20/7/21).

Penyembelihan hewan kurban di PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan berlangsung dengan penerapan protokoler kesehatan (prokes) yang ketat. Seluruh peserta kurban, panitia dan pegawai Pegadaian diwajibkan rapid tes saat memasuki areal penyembelihan.

Dalam keterangan tertulisnya, Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan Edwin S Inkiriwang mengatakan, tahun ini merupakan tahun kedua PT Pegadaian (Persero) Medan bekerjasama dengan Darul Tauhid (DT) untuk melakukan penyembelihan hewan kurban.

Baca Juga:PPKM Darurat, Umat Muslim Sholat Idul Adha Secara Prokes di Medan

Hal ini dilakukan serentak di 8 kabupaten-kota di Sumatera Utara. Di antaranya, Medan sebanyak 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Sidikalang 1 ekor sapi, Rantauprapat 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Kabanjahe 1 ekor sapi dan 11 ekor kambing, Padangsidimpuan 1 ekor sapi, Banda Aceh 3 ekor sapi, Meulaboh dan Langsa masing-masing 1 ekor sapi.

“Saya berharap untuk ke depannya nanti, jumlah hewan kurban dapat bertambah lagi. Setidaknya 20 persen tambahan partisipasi keluarga besar Pegadaian dalam berkurban,” sebut Edwin.

Untuk mencapai 20 persen penambahan hewan kurban tersebut, Edwin menyarankan, agar peserta kurban yakni teman-teman di Pegadaian mau menabung penghasilannya dengan mencicil pendapatannya selama 10 bulan untuk ikut berkurban di tahun mendatang. Di momen Idul Adha ini, dengan berkurban bisamengajarkan arti dari keikhlasan penuh.

Baca Juga:H-1 Idul Adha Pedagang di Medan Mengeluh Pembeli Sepi

Turut hadir Deputi Operasional PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan I Ketut Suarnawa, Kepala Audit Intern Kanwil I Medan Yonri Glen Maboy, Pimpinan Darul Tauhid Sumut Ustad Indra Firdaus, Pembina PHBI Kanwil I Medan Iswandy, Kepala Humas & Protokoler Gopher Manurung dan para pegawai Pegadaian Medan.

Dalam kegiatan virtual itu, Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym dalam pesan virtualnya mengungkapkan, dengan berkurban akan melepaskan keterikatan kita kepada dunia serta menumbuhkan akhlak baik dalam menghargai hewan sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Sedangkan, Pimpinan Darul Tauhid (DT) Sumut Ustad Indra Firdaus mengucapkan terimakasih kepada PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan yang telah bekerjasama dengan Darul Tauhid untuk tahun kedua ini. “Daging hewan kurban akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya,” sebut Ustad Indra. (yetty/hm12)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
2,870FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

%d bloggers like this: