23.9 C
Medan
Friday, September 30, 2022
spot_img

Harga Tomat Anjlok

Pematangsiantar | Mistar – Harga tomat di sejumlah pasar tradisional Pematangsiantar masih anjlok. Harga terakhir, Jumat (18/10/2019) di dua pasar tradisional, Pasar Horas dan Pasar Parluasan, kisaran harga tomat antara Rp 2000 sampai Rp 7000 per kilogram.

Anjloknya harga tomat itu ditengarai melimpahnya hasil panen petani dari daerah SImalungun.Kondisi ini membuat tengkulak tomat tidak bisa meraih untuk maksimal, bahkan malah merugi.

Seroang tengkulak di Pasar Horas, R Purba, yang memiliki pasar sampai luar Pematangsiantar mengakui sedang mengalami kesulitan terkait harga tomat.

“Ambilan kami dari petani antara Rp 3500 – Rp 4500. Belum lagi tomat yang rusak atau busuk, itu jadi tanggungjawab saya. Kalau harga bagus, pernah meraih untung sampai Rp 8 sampai Rp 10 juta. Kalau seperti ini,mendapatkan untung Rp 5 juta saja sudah sangat sulit,” ujarnya.

Baik petani maupun tengkulak tomat, berharap kehadiran pemerintah mengatasi persoalan ini. Jika masih berlanjut lama, bukan tidak mungkin tomat sama sekali tidak ada yang membeli dari petani.

Penulis : yetti
Editor : mahadi

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Irvanli Silalahi, Alumni SMAN 5 Pematang Siantar yang Raih Beasiswa Kuliah...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Impian Irvanli Yosua Silalahi (18)  untuk bekerja di luar negeri makin jelas di depan mata. Pasalnya, alumni SMAN 5 Pematang Siantar ini...

Tergilas Tronton Usai Senggol Honda Supra di Batu Bara, Pengendara Vario...

Batu Bara, MISTAR.ID Bermaksud hendak mendahului sepeda motor  yang berada di depannya, pengendara bernama Erianto Girsang (36) beserta Honda Vario BK 2714 OAD yang ditungganginya...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: