spot_img

Gempa Bumi Susulan Kembali Terjadi di Taput, BMKG Catat Ada 95 Kejadian

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Gempa bumi mengguncang wilayah Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, pada Sabtu (1/10/22) dini hari sekitar pukul 02.28 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan mencatat, gempa bumi bermagnitudo 6.0 itupun diikuti gempa susulan hingga kini, Minggu (2/10/22).

“Berdasarkan hasil analisa per hari ini tanggal 2 Oktober 2022 pukul 08.00 WIB, tercatat sudah ada 95 kejadian gempa bumi susulan yang di antaranya ada 8 gempa bumi dirasakan,” ungkap Resa Idha, petugas on duty BMKG wilayah I Medan ketika dikonfirmasi, Minggu (2/10/22) pagi.

Dijelaskan Resa Idha lagi, 95 kejadian gempa bumi tersebut bukan termasuk dalam klasifikasi gempa Swarm. Melainkan gempa bumi susulan dari gempa di Tapanuli Utara M5,8 kemarin.

Baca Juga:Gempa Taput, Ephorus HKBP Sampaikan Turut Berduka dan Ajak Warga Saling Menolong

“Berdasarkan hasil analisa kami, magnitudo gempa bumi susulan terbesar adalah M5,3 dan yang terkecil adalah M2,0,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, gempa Magnitudo 6.0 terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu dini hari (1/10/22) sekitar pukul 02.28 WIB. BMKG mengimbau agar warga di Taput untuk tidak mendekati wilayah lereng dan perbukitan.

“Kami meminta warga untuk menjauhi lereng dan perbukitan karena kondisi sedang kerap hujan turun. Sehingga untuk mengantisipasi terjadi longsor akibat gempa bumi tersebut,” kata Kepala BMKG Dwikorita dalam keterangan resminya melalui zoom, Sabtu (1/10/22).

Baca Juga:Pasca Gempa Taput, Gubernur Sumut Kirim Bantuan dan Tim Tanggap Bencana

Dwi juga meminta kepada warga untuk tidak pulang ke rumah dulu. Bila kondisi bangunan rumahnya dalam keadaan retak-retak untuk mengantisipasi tertimpa bangunan

“Dalam kondisi baik, retak tidak berarti silakan kembali. Kalau sudah mengkhawatirkan jangan dulu pulang,” ucap Dwi.

Pusat gempa berada di darat, 15 km barat laut Tapanuli Utara. Lokasi gempa pada 2.13 Lintang Utara, 98.89 Bujur Timur atau sejauh 15 km Barat Laut Tapanuli Utara pada kedalaman 10 kilometer. Gempa ini dirasakan di Tarutung Sumut VI MMI, Singkil-Aceh IV MMI, Tapaktuan-Aceh III MMI, Gunung Sitoli-Sumut III MMI. (hamzah/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: