25 C
Medan
Wednesday, May 25, 2022
spot_img

Di Tengah Mewabahnya Virus Korona , Ujian Nasional SMK Tetap Berjalan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Pematangsiantar dan Simalungun tetap berjalan meski wabah virus korona terus merebak. Begitu juga Ujian Sekolah (US) tingkat SMP dan SD tetap berjalan di kota Pematangsiantar, namun Simalungun memilih meliburkan siswa SMP Negeri dan Swasta, SD hingga TK/ PAUD sejak Senin (16/3/20).

Salah satu sekolah yang melangsungkan UN yaitu, SMK Negeri 1 di Jalan Bali Kelurahan Bane Kecamatan Siantar Utara kota Pematangsiantar adalah sekolah kejuruan yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Sebanyak 363 peserta didik mengikuti ujian UN Berbasis Komputer. Para peserta dibagi menjadi tiga sesi, yakni pukul 07.30, 10.30, dan 14.00 WIB. Semua peserta didik hadir, tak ada yang absen,” ungkap Viktor Saragih, Bagian Tata Usaha SMK Negeri 1 Pematangsiantar.

Viktor mengatakan wabah virus korona mulai mengkawatirkan, karenanya dihimbau agar anak didiknya menjaga kebersihan dan tetap hidup sehat sebagaimana dihimbau Dinas Kesehatan Pematangsiantar.

Ungkapan serupa diungkap pihak sekolah SMK Swasta Teladan. Informasi pentingnya menjaga kesehatan sejak awal dibagikan kepada murid. Meski sejauh ini diakui tak ada sosialisasi khusus dari dinas terkait.

“Sebanyak 306 peserta didik yang ikut dalam Ujian Nasional ini. Kami lakukan seperti ujian Sebelumnya. Himbauan adanya penutupan sekolah untuk sementara ini maupun surat himbauan dari dinas kesehatan kota Pematangsiantar belum kami terima. Walaupun demikian, para peserta Ujian tetap kami himbau agar menjaga kebersihan terutama mencuci tangan setelah ujian tersebut,” jelas Sudarlian SPd MSi, selaku kepala sekolah.

Selain itu, Sekolah Menengah Atas (SMA) juga melakukan Ujian Sekolah (US), dimana pada tahun sebelumnya ujian sekolah tersebut bernama USBN. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) memutuskan untuk tidak lagi mengeluarkan aturan atau prosedural operasional standar (POS) untuk penyelenggaran ujian sekolah berbasis nasional (USBN).

Pantauan Mistar, Ujian Sekolah dilaksanakan di SMA Sultan Agung di Jalan Surabaya. “Sebelumnya USBN sudah ditiadakan, tapi sekarang disebut US. Pada pelaksanaannya, pemerintah pusat memberikan hak penuh pada tiap sekolah masing-masing sebagai penyelenggara sepenuhnya. Jadi untuk pembuatan soal – soal juga dilakukan oleh pihak masing-masing sekolah,” kata Kepala Sekolah SMA Sultan Agung, Anton ketika sedang melakukan pengecekan pada pengawasan ujian.

“Ujian Sekolah akan berlangsung selama seminggu ini. Dan secara teknis bentuk soalnya itu adalah pilihan berganda dan ada juga easy atau bentuk pertanyaan sebanyak lima soal. Tergantung dari mata pelajaran yang di ujiankan,” tuturnya.

Masalah sekolah ditutup karena wabah virus Korona, Dia menjawab untuk menyerahkan semuanya pada pimpinan sekolah, sebab sampai saat ini instruksi penutupan sekolah dari aktivitas belajar belum diterimanya.

Terhadap peserta didik yang tidak bisa mengikuti ujian tersebut, pihak sekolah sudah mengantisipasinya dengan memberikan kelonggaran pada peserta didik untuk melakukan ujian ulang. Di SMA Negeri 2 Pematangsiantar, terdapat satu orang peserta ujian tidak dapat hadir disebabkan sakit dan diopname dirumah sakit.

“Ada satu orang peserta didik yang tidak bisa mengikuti ujian sekolah ini. Peserta tersebut sedang sakit dan diopname. Hal ini diperkuat dari surat keterangan rumah sakit yang diberikan orangtua peserta didik tersebut,” jelas J.Manulang, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, ketika ditemui di ruang kerjanya.

Lebih lanjut kata Manulang, wabah virus Korona memang lagi maraknya di bicarakan seluruh dunia, namun tentang apa penyakit dari peserta didiknya itu belum diketahui. Ia berharap peserta didik tersebut cepat pulih dan bisa mengikuti ujian sekolah secepatnya.

Rencananya,para peserta didik yang tidak bisa mengikuti ujian sekolah saat ini, akan dilakukan ujian ulang pada hari berikutnya setelah Ujian Sekolah selesai.

Reporter: Yetty Damanik
Editor: Jelita

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: