26 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

DBD Menyerang, Siantar Barat Gelar Fogging di Kelurahan Dwikora

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan nyamuk aedes aegipty menyerang warga Jalan Merdeka, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar. Sebagai upaya mencegah penularan penyakit itu, pihak Dinas Kesehatan bersama Camat Siantar Barat, Lurah dan Sekretaris Lurah Dwikora beserta Babinsa menggelar fogging atau pengawasan di wilayah temuan kasus DBD tersebut, Kamis (27/1/22).

Camat Siantar Barat, Pardomuan Nasution kepada mistar.id mengatakan bahwa sudah ada 6 warga Kelurahan Dwikora yang diserang DBD. “Jadi fogging untuk menindaklanjuti temuan kasus DBD itu,” ungkapnya.

Dijelaskan Pardomuan, dari 6 temuan kasus DBD, dua di antaranya sudah sembuh, sedangkan 4 lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit. “Untuk itu, saya mengimbau masyarakat memperhatikan potensi genangan air dan menguras bak mandi setiap dua hari,” ujarnya.

Baca Juga:Musim Hujan, Dinkes Sumut Imbau Warga Waspadai DBD

Nyamuk aedes aegypti penular DBD, kata Pardomuan, tidak berkembang biak di air kotor, tapi di air yang bersih. “Banyak kita temukan bahwa pasien yang terkena DBD adalah orang yang lingkungannya bersih. Jadi bersih saja tidak menjamin kita bebas DBD,” tukasnya.

Di penghujung pernyataannya, Pardomuan mengimbau masyarakat agar segera langsung menghubungi dokter atau ke Puskesmas bila mengalami gejala demam. “Jangan ditunggu-tunggu, bila demam, segera hubungi dokter atau langsung ke puskesmas,” tandasnya.(ferry/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: