27 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Cegah dan Kendalikan Infeksi dari Rumah Sakit

Pematangsiantar | Mistar – Meminimalisir infeksi pada pasien, pengunjung, pegawai dan masyarakat sekitar rumah sakit merupakan bagian pelayanan yang aman dan nyaman. Untuk itu, RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar mengadakan In House Training Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), selama dua hari sejak Senin (21/10/19).

Narasumber praktisi pengendalian dan pencegahan infeksi, Costy Panjaitan PhD mengatakan, infeksi yang didapat dari rumah sakit dan penularan infeksi bisa saja terjadi di antara pasien, petugas pelayanan kesehatan dan pengunjung rumah sakit.

Untuk memutus mata rantai infeksi itulah perlu dilakukan pencegahan dan pengendalian, baik kepada seluruh pegawai maupun pengunjung.

Selama ini, ada prilaku yang salah dalam mencegah dan mengendalikan infeksi malah menjadi budaya.

“Selama ini tidak mencuci tangan saat menangani pasien atau sesudahnya, tidak menggunakan masker oleh perawat, dokter dan pegawai rumah sakit justru dijadikan budaya atau kebiasaan yang salah,” ujar Costy.

Costy menambahkan budaya yang baik dalam mencegah dan mengendalikan infeksi dalam memberikan pelayanan yang baik di rumah sakit harus dimulai dari individu pegawai baik perawat, dokter dan karyawan di seluruh unit.

Jika individu di rumah sakit umum Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar, sapakah itu perawat, dokter dan pegawai tidak berkeiinginan untuk memperbaiki diri dari kesalahan yang dibuat, dan tidak meningkatkan kemampuan dalam menjalankan fungsinya masing-masing, mustahil rumah sakit bisa berkembang dan maju.

Costy meminta para perawat atau pegawai untuk tidak ragu atau segan mengingatkan atau mengedukasi pasien atau pengunjung, untuk melakukan upaya pencegahan infeksi, dimulai dari hal kecil seperti mencuci tangan dan menggunakan masker.

Pada kegiatan itu Costy juga memotivasi perawat untuk tetap menjaga penampilan dalam menjalankan tugas, serta memberikan pelayanan ramah, dengan murah senyum dan jujur.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar, Yenni Hastita mengharapkan pelatihan PPI dasar memberikan manfaat bagi perawat, dokter dan pegawai meningkatkan pengetahuan dalam melakukan upaya pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit.

Lilys Agus Sari Tambunan dari Infection Prevention Control Nurse (IPCN) RSU Tiara Kasih Sejati Pematangsiantar melaporkan, kegiatan pelatihan dasar PPI diikuti sekitar 50 peserta terdiri dari perawat, dokter umum dan pegawai dari seluruh unit. Selain narasumber dari Jakarta, Costy Panjaitan PhD, hadir juga dr Triana N Silalahi Sp, PK dan Katrin Nahampun SKep, Ners. Pelatihan selama dua hari itu juga dihadiri Direktur Pengembangan PT Tiara Kasih Sejati Donny Tahapary.(mahadi/hm02)

penulis : Mahadi
Editor : Herman

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Puluhan Mobil di Kompleks Mutiara Residence Deli Serdang Dirusak OTK

Medan, MISTAR.ID Sejumlah mobil yang terparkir di halaman dan garasi rumah warga di Kompleks Mutiara Residence Jalan Rumah Sakit Haji, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: