spot_img

Cabdis Pendidikan Siantar Akan Gelar MTQ Tingkat Pelajar SMA Sederajat

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Dinas Pendidikan Provinsi Sumut melalui cabang dinas (Cabdis) Siantar akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) jenjang SMA/SMK/MA sederajat tingkat Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Kegiatan tersebut akan digelar pada tanggal 17 Oktober hingga 22 Oktober 2022, yang bertempat di SMA UISU Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun.

Hal itu diungkapkan Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan Provinsi Sumatera Utara di Siantar-Simalungun James Andohar Siahaan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/10/22).

Baca Juga:Jelang MTQ Banjarmasin, Edy Rahmayadi Perhatikan Detail Persiapan Kafilah Sumut

“Jadi ini mengantisipasi persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ke depan. Sebab IKM inikan lebih mencondongkan akhlak. Kita mau anak-anak itu selain memiliki kemampuan di pendidikan, juga secara akhlak dan moral itu tidak hanya sekadar mengenal, memahami dan menerapkan,” kata James.

Dia menambahkan, dengan adanya kegiatan keagamaan ini, Cabdis Siantar ingin menanamkan akhlak yang baik kepada seluruh muridnya supaya yang lain juga mengikuti. Peran pendidikan agama sangat penting dalam membentuk karakter anak bangsa.

“Karena akhlak itu di atas ilmu, orang sepintar apapun jika akhlaknya tidak baik ya, orangnya tidak baik,” ujarnya.

Baca Juga:Simalungun Tuan Rumah MTQ Korpri Tingkat Provsu 2022

Kegiatan MTQ pelajar akan melibatkan sekolah SMA/SMK/MA sederajat, swasta maupun negeri. Di samping itu juga pihaknya ingin menjaring persiapan peserta didiknya untuk berkontestasi di Sumatera Utara pada tahun depan.

Tentunya, terang James, di samping akan menjaring anak-anak di Pematang Siantar dan Simalungun, ia juga ingin melihat potensi yang ada, juga memberikan penghargaan pada yang berprestasi. Menurutnya, Cabdis Siantar juga harus mempersiapkan timnya untuk bertanding nanti di tingkat provinsi.

“Rencananya dari Kepala Dinas Pendidikan Sumut Asren Nasution bahwa menjelang bulan Ramadan nanti tahun depan akan ada kegiatan perlombaan MTQ antar cabang dinas se Sumatera Utara,” ungkapnya.

Baca Juga:Menang di Tingkat Provinsi, 3 Peserta MTQ Sergai Dihadiahi Umroh

Selain itu, James berharap dengan adanya MTQ ini, dapat semakin mempererat terjalinnya silaturahmi juga sesama kepala sekolah dan seluruh tenaga pendidikan, baik itu di sekolah negeri maupun swasta. Harapannya, kegiatan seperti ini akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun.

“Dan di acara ini rencananya nanti akan ada gebyar SMK juga. Di lokasi perlombaan akan ada stan-stan SMK dengan produk unggulan masing-masing yang nanti kita tonjolkan kepada masyarakat. Sembari menggugah semangat anak-anak tesebut untuk karya-karyanya inovatif yang menjanjikan,” kata James. (yetty/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: