22.7 C
Medan
Thursday, January 20, 2022
spot_img

BPBD Siantar Minta Warga Waspadai Cuaca Ekstrim di Bulan Juli 2021

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pematangsiantar menghimbau masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem. BMKG memprediksi cuaca ekstrem seperti angin puting beliung bakal berlanjut.

Kepala BPBD Pematangsiantar, Daniel Siregar menyampaikan, lewat surat edaran Gubernur ada beberapa wilayah yang paling rawan terjadi angin puting beliung, termasuk Kota Pematangsiantar.

“Kita ada surat edaran dari gubernur dan sudah disampaikan kepada seluruh camat tentang prakiraan cuaca ekstrem yang dikeluarkan BGMK, soal adanya beberapa daerah rawan puting beliung,” ujar Daniel diwawancarai, Rabu (7/7/21).

Baca juga: Cuaca Ekstrem, 25 Pohon Besar Tumbang di Siantar

Dikatakannya, wilayah di Pematangsiantar yang dikhawatirkan terjadi angin puting beliung berada di Kecamatan Siantar Sitalasari dan Martoba. Namun, pada Juli 2021 saat ini, cuaca ekstrem sangat mengkhawatirkan.

“Kalau dulu Kecamatan Sitalasari dan Martoba. Kini sudah pindah ke barat. Makanya kemarin ada kejadian puting beliung di wilayah Kecamatan Siantar Barat,” ujarnya kembali.

Menurutnya, adanya surat edaran dari Gubernur Sumut kepada camat agar diteruskan ke warga untuk mewanti-wanti cuaca ekstrem. Dimana dalam durasi satu bulan ini agak rawan dan cuaca ekstrem sangat mengkhawatirkan.

Seperti pada Sabtu (3/7/21) kemarin, Kota Pematangsiantar dilanda hujan deras disertai angin kencang yang mengakibatkan belasan pohon yang berukuran besar di taman kota tumbang dan juga banjir yang dipicu hujan deras merendam rumah warga. (hamzah/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: