spot_img

Antisipasi Tawuran Antar Pelajar, Kepala SMAN 3 Pematang Siantar Rutin Lakukan Pembinaan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Guna mengantisipasi tawuran antar pelajar yang kerap terjadi akhir-akhir ini, Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Pematang Siantar, Rahmat Nasution rutin melakukan pembinaan pada anak didik.

Dikatakan, agar anak didik tidak ikut-ikutan tawuran, pihaknya tetap mengupayakan semaksimal mungkin dengan tetap rutin tiap pagi melakukan pembinaan ataupun  memberikan penyuluhan pada ana-anak.

“Setiap habis upacara pada Hari Senin, kita selalu memberikan penekanan, artinya kalau setiap siswa yang ikut tawuran akan di proses dan di kembalikan pada orang tua masing-masing,” kata Rahmat, Senin (3/10/22).

Baca juga:Dua Kelompok Terlibat Tawuran di Jalan Titi Sewa Medan Tembung

Lanjutnya, Adapun langkah-langkah yang ia terapkan untuk mengantisipasi tawuran selain  pemberian sanksi yang tegas, pihak sekolah juga harus membuat suatu peraturan yang benar benar akan diterima oleh siswa yang melanggarnya.

Penanaman nilai dan tugas seorang pelajar dari tenaga kependidikan, ini sangat ditekankan. Guru sebagai tenaga pengajar dan pendidikan harus bisa menyelipkan pesan-pesan kehidupan setiap kegiatan mengajar belajar.

“Kita juga selalu berpesan kepada anak-anak, bahwa tawuran itu tidak ada manfaatnya dan merugikan diri sendiri serta membuat orang tua susah. Hal ini lah yang kita bangun terus demi kesadaran anak-anak,” sebutnya.

Rahmat bercerita, bahwa beberapa hari yang lalu, terbersit informasi bahwa akan ada aksi tawuran di Kota Pematang Siantar, dimana sekolah yang berseteru tersebut adalah SMA Negeri 3 dengan salah satu sekolah menengah kejuruan yang tidak jauh dari lokasi satuan pendidikannya.

“Kami secepatnya turun langsung. Untuk menghentikan aksi tawuran tersebut serta melakukan pembinaan kepada siswa-siswa di sini. Ternyata tawuran tersebut tidak ada,” paparnya.

Dia mengatakan, antisipasi tawuran pelajar SMA Negeri 3, pihaknya juga melakukan pertemuan dengan kepala sekolah yang akan dituju para pelajar tersebut. Hasilnya, kata dia rencana tawuran antar sekolah pun bisa diselesaikan baik-baik. Tawuran pelajar tidak terjadi.

Baca juga:Terciduk Hendak Tawuran, Ketua Geng Motor NKB Bersama Belasan Pemuda Diamankan

Ia juga menekankan pada setiap guru khususnya wali kelas, guru BK  untuk tetap melakukan konseling  dan senantiasa tetap melakukan pembinaan terus menerus.

“Kedepannya kita harapkan para pelajar bisa menghindari tawuran dan lebih fokus pada kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi dan kemampuan diri,” pungkasnya. (f:yetty/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: