22.8 C
Medan
Friday, January 28, 2022
spot_img

Antisipasi Cuaca Buruk, BPBD Siantar Minta Tarukim Remajakan Pohon

Siantar | MISTAR.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah meminta Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kota Pematangsiantar segera memangkas ranting-ranting pohon di sisi jalan umum SM Raja untuk menghindari bahaya cuaca ekstrem akibat peralihan musim. Masyarakat juga diminta aktif bergotong-royong membersihkan lingkungan.

“Perhatian kita lebih kepada pohon tumbang akibat angin kencang, karena sewaktu-waktu pohon bisa tumbang dan mengancam keselamatan warga,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD kota Pematangsiantar, Agustina Sihombing, ditemui Mistar di ruang kerjanya, Sabtu (9/11/19) siang.

Memasuki bulan November yang cenderung memiliki intensitas curah hujan tinggi, BPBD Pematangsiantar juga mengoptimalkan pengawasan dua puluh empat jam dengan menyediakan posko siaga bencana.

“Kita membuka call center langsung di saluran telepon 0852 9694 5035, dan 24 jam penuh 3 orang anggota kita siaga secara bergantian dan masyarakat yang membutuhkan dapat menghubungi,” ujarnya.

Kemudian, untuk mengantisipasi luapan air yang disebabkan intensitas curah hujan tinggi, masyarakat diminta untuk membersihkan selokan dan pekarangan di sekitar rumah. Dalam satu bulan terakhir, lanjut Agustina pihaknya telah menangani sedikitnya sepuluh pristiwa seperti pohon tumbang dan luapan banjir.

“Kota Siantar karakter persoalannya banjir, longsor dan angin puting beliung. Seperti kawasan Kecamatan Siantar Martoba termasuk rawan longsor kami terus mengawasi pergerakan tanah di lokasi itu sebab kawasan itu termasuk daerah ketinggian,” sambungnya.

BPBD kota Pematangsiantar juga mengeluhkan minimnya fasilitas yang mereka miliki sehingga menyulitkan untuk optimalisasi kinerja dalam reaksi pencegahan dini dalam tanggap darurat bencana.

“Kita membutuhkan alat untuk mengukur ketinggian air sungai sehingga bisa diprediksi peningkatan volume air untuk mencegah kerugian akibat banjir,” tandasnya.

Amatan Mistar, jalanan kota Pematangsiantar yang memiliki pepohonan rimbun seperti di Jalan SM Raja, Jalan Melanton Siregar, dan Jalan Medan.(billy/hm02)

Penulis : Billy Nasution
Editor : Herman Maris

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: