25 C
Medan
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Agar Paham Tupoksi Anggota DPRD Wajib Orientasi

Pematangsiantar | MISTAR.ID – Agar memahami Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)-nya, seluruh anggota DPRD Kota Pematangsiantar yang berjumlah 30 orang, diwajibkan mengikuti orientasi selama 4 hari di Hotel Polonia Medan.

Orientasi yang dilaksanakan mulai tanggal 27-30 Oktober 2019 itu diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (BPSDM Kemendagri) dan BPSDM Provinsi Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD (Plt Sekwan) Kota Pematangsiantar, Wanden Siboro, ketika dikonfirmasi mengenai kegiatan orientasi DPRD yang berlangsung selama 4 hari. Jumat (25/10/19).

“Dalam aturannya, di Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Penyusunan Tata Tertib DPRD, jelas ditegaskan bahwa setiap anggota DPRD yang baru dilantik, wajib mengikuti orientasi pengenalan tugas pokok dan fungsinya,” jelasnya.

“Anggota DPRD yang baru dilantik tapi tidak mengikuti orientasi, anggota DPRD itu tidak bisa kemana-mana,” sambungnya.

Ketika disinggung apakah kegiatan itu akan berdampak kepada mutu pembahasan APBD Kota Pematangsiantar tahun 2020, Wanden dengan tegas menjawab, tidak.

“Tidak, semalam kita sudah bincang-bincang bersama TAPD (Tiam Anggaran Pemerintah Daerah) Kota Pematangsiantar, tanggal satu November ini kita rencanakan rapat Banmus (Badan Musyawarah) menetapkan jadwal pembahasan APBD 2020,” ungkapnya.

“Jadi sudah kita rencanakan, tanggal 25 November (APBD 2020) diketok (disahkan Walikota bersama DPRD). Sesuai dengan Permendagri nomor 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD 2020, satu bulan sebelum berakhirnya tahun anggaran sudah harus diketok,” sambungnya mengakhiri.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Kota Pematangsiantar, Timbul Marganda Lingga. Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, bahwa orientasi wajib diikuti anggota DPRD yang baru dilantik.

“Tujuannya ialah pengenalan mengenai pelaksanaan tugas dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah,” ujar Timbul yang juga menegaskan bahwa kegiatan orientasi tidak akan berdampak kepada mutu pembahasan APBD Kota Pematangsiantar tahun 2020.

Reporter: ferry
Editor: Herman Maris

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Kadishub ke Wartawan di Sidang Paripurna HUT ke-75 Dairi: Apa Foto-foto,...

Dairi, MISTAR.ID Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi Parulian Sihombing berlagak seperti preman dan terkesan arogan kepada wartawan mistar.id bernama Julius Manurung. Seperti yang terjadi saat...

Identifikasi Korban Tragedi Kanjuruhan, Tim DVI Polri Dikerahkan ke Malang

Jakarta, MISTAR.ID Tim Disaster Victim Identification (DVI) Dokkes Polri berangkat ke Malang siang ini. Tim DVI Polri akan membantu mempercepat proses identifikasi 127 korban tewas...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: