30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

296 Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Siantar Resmi Dilepas

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sebanyak 296 siswa kelas XII, angkatan ke-XI, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Siantar, Jalan Sangnawaluh, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun mengikuti acara pelepasan dan perpisahan peserta didik Tahun Pelajaran (TP) 2021/2022, Sabtu, (28/5/22).

“Menjadikan lulusan SMK Negeri 1 Siantar Bermartabat, Berkarakter, Berdaya saing dan Berkualitas dalam Masyarakat” menjadi tema acara yang dihadiri pelajar kelas XII kegiatan yang dipusatkan di lingkungan SMK Negeri 1 Siantar tersebut juga dihadiri, Kepala Sekolah dan dewan guru, Pengawas SMK, Ketua Komite sekolah, serta orang tua murid.

Kepala SMK Negeri 1 Siantar, M Syahrizal Damanik menyampaikan acara pelepasan dan perpisahan ini sudah dikemas jauh-jauh hari oleh anak didik dan acara ini juga sengaja digelar pada hari sabtu agar dapat berjalan dengan lancar dan hikmad.

Baca juga: Rebut Nilai Ujian Akhir, Siswa Multimedia SMKN 1 Siantar Sukses Gelar Event Organizer Final Exam

“Pada acara ini juga kami hanya mengizinkan siswa-siswi kelas XII saja yang hadir, ini mengantisipasi agar acara ini berjalan dengan hikmat, jadi sengaja kami tidak menghadirkan kelas X dan kelas XI,” kata Syahrizal.

Syahrizal juga menyampaikan pada anak didik kelas XII, bahwa tugas dan tanggung jawab guru sudah selesai. Tetapi beban moral guru belum selesai, karena setelah murid dilepas nantinya, masih bertanya-tanya kemana ke 296 murid tersebut.

Karena menurut Syahrizal, tujuan SMK cuma ada tiga yakni, bekerja, melanjutkan studi atau kuliah, berwirausaha atau membuka usaha sendiri. Demi kemajuan kompetensi anak didik pemerintah sudah bersusah payah mengucurkan dana sedemikian besar, agar anak didik SMK bisa berhasil atupun bekerja setelah lulus. Hal ini untuk mengatasi jumlah angka pengangguran. Syahrizal berterima kasih kepada orang tua, pengurus komite sekolah yang hadir dan yang telah memprakarsai acara pelepasan dan perpisahan tersebut.

Sementara Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Negeri 1 Siantar, M Duta Fadillah mengatakan, bahwa persiapan acara ini sudah dikemas jauh-jauh hari. Sebagai Ketua OSIS dirinya sangat bangga atas terlaksananya acara tersebut.

Baca juga: PPDB Online 2022 Tahap Pertama SMKN 1 Siantar Berjalan Lancar

“Walaupun di new normal Covid-19 acara ini bisa berjalan lancar, saya sangat bangga dan senang apalagi melihat wajah teman-teman yang begitu ceria,” kata Fadillah.

Fadillah mengucapkan terima.kasih yang tidak terhinggah atas jasa pengorbanan guru-guru yang telah mendidik mereka selamat tiga tahun. Setelah penyematan selempang pada siswa-siswi yang berprestasi dari masing-masing kompetensi oleh kepala sekolah, acara pelepasan dan perpisahan 296 siswa kelas XII angkatan yang ke-XI SMK Negeri 1 Siantar resmi dibuka. (yetty/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: