26 C
Medan
Tuesday, June 28, 2022
spot_img

19 Puskesmas Terima Bantuan Komunitas Pengusaha Muda Siantar

Pematangsiantar. MISTAR.ID

Sebanyak 19 Puskesmas di wilayah Kotamadya Pematangsiantar menerima donasi yang ditujukan untuk membantu kinerja petugas medis menghadapi wabah Covid-19. Penyerahan donasi dilakukan selama dua hari, yaitu 23 April sekitar 13 Puskesmas menerima bantuan dan dilanjutkan pada hari kedua penyerahan bantuan untuk 6 Puskesmas.

Puskesmas penerima bantuan yaitu Puskesma s Aek Nauli, Bah Biak, Bah Kapul, Bane, BP Nauli, Gurilla, Kahean, Karo, Kartini, Kesatria, Martimbang, Martoba, Pardamean, Parsoburan, Rami, Raya, Simarimbun, Singosari, dan Pukesmas Tomuan.
Bantuan tersebut berupa ember ber-kran untuk cuci tangan (nantinya diletakkan di area pintu masuk), hand sanitizer, sabun cuci tangan, lap tangan, dan masker kain.

Serah terima bantuan dilakukan tim perwakilan dari komunitas pengusaha muda didampingi Drg Maruli Juara Aritonang sebagai mediator dan penyedia data serta informasi tentang Puskesmas yang tersebar di Kota Pematangsiantar.

Kepala Puskesmas Karo dan pegawai (f:ist/mistar)

Kepala Puskesmas Karo dan pegawai (f:ist/mistar)

Kepala Puskesmas dan Kasubag Tata Usaha yang menerima donasi menyatakan sangat gembira dan berterima kasih karena donasi ini sebagai jawaban atas minim dan terbatasnya alat-alat tersebut selama ini. Karena keterbatasan ini, beberapa Puskesmas harus menyediakan dari dana pribadi untuk wadah cuci tangan hingga masker kain yang dijahit sendiri oleh seorang Kepala Puskesmas agar cukup dipakai tim medis dan dibagikan kepada pasien yang datang berobat tanpa menggunakan masker.

Selain itu ada juga beberapa Puskesmas yang harus mengencerkan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer agar tetap tercukupi untuk digunakan setiap harinya dan bahkan ada salah satu Puskesmas yang sudah sejak dua minggu yang lalu tidak lagi menyediakan cairan pencuci tangan, karena memang sudah tidak ada stok yang tersedia.

Ketika ditanya perihal apa yang paling diharapkan sebagai bantuan untuk mendukung pekerjaan tim medis di Puskesmas, baju pelindung dan masker wajah menjadi barang yang sangat diperlukan saat ini, terutama untuk Puskesmas yang sudah menerima pasien ODP, PDP maupun pasien suspek.

Sesuai dengan tujuan awal donasi ini memang ditujukan untuk mendukung para pekerja medis agar bisa tetap tercover saat melayani pasien dan tetap bisa bekerja sebagai garda terdepan agar lebih bisa fokus bekerja dan membantu masyarakat Siantar meminimalkan penyebaran wabah Covid-19. Dan komunitas ini juga berharap untuk siapa saja yang masih bisa membantu secara dana atau materi agar juga bisa menyalurkan kepada mereka yang memerlukan.

Penulis : Julyana Ang
Editor : Jelita Damanik

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: