27.8 C
Medan
Wednesday, August 10, 2022
spot_img

Waspada! Aplikasi Antivirus Android Ini Bisa Kuras Saldo Rekening Bank

Jakarta, MISTAR.ID

Aplikasi antivirus biasanya memiliki tugas untuk melindungi berbagai perangkat, baik PC maupun smartphone dari berbagai virus atau program berbahaya (malware).

Meski demikian, ada sebuah aplikasi antivirus untuk smartphone Android yang dilaporkan malah membawa virus berbahaya untuk menginfeksi perangkat yang memasang software tersebut.

Hal ini mencuat berdasarkan laporan terbaru yang dirilis firma keamanan siber asal Inggris, NCC Group. Menurut mereka, aplikasi yang bernama “Antivirus, Super Cleaner” buatan Zbynek Adamcik tersebut telah ditempeli dengan sebuah malware berjenis trojan yang dijuluki “SharkBot”.

Baca Juga:103 Aplikasi Android yang Harus Diwaspadai Pengguna

Sederhananya, SharkBot bakal menguras rekening bank yang tersimpan di ponsel tanpa sepengetahuan pengguna menggunakan sebuah metode yang dinamai Automatic Transfer System (ATS). Trojan ini sendiri bakal aktif ketika pengguna membuka aplikasi mobile banking.

Setelah itu, program tersebut bakal menyuguhkan sebuah tampilan yang seakan menyerupai aplikasi mobile banking yang dimaksud untuk mengecoh pengguna. Di belakang aplikasi yang sedang berjalan, SharkBot juga disebut bakal mengaktifkan sistem keylogger untuk mengirimkan informasi kredensial seperti password dan PIN, yang dimasukkan pengguna ke server pembuat aplikasi berbahaya tersebut.

Selain mentransfer uang dari rekening pengguna secara sewenang-wenang, SharkBot juga diklaim bisa melakukan hal-hal lainnya seperti memblokir, menyadap, dan menyembunyikan SMS yang masuk, serta membajak ponsel pengguna dari jarak jauh.

Baca Juga:Begini Cara Hapus Aplikasi Bandel yang Bikin Penuh Memori Android

Aplikasi tersebut bisa terdaftar di toko aplikasi Android karena pembuat aplikasi itu hanya mencantumkan SharkBot yang sudah dibatasi kemampuannya, sehingga tak terdeteksi sebagai program berbahaya.

Nantinya, ketika aplikasi antivirus tersebut sukses terpasang di perangkat pengguna, barulah SharkBot mengunduh semua file yang dibutuhkan agar bisa berjalan dengan maksimal.  Meski sempat terdaftar, aplikasi tersebut kini sudah dihapus Google dari Play Store, sebagaimana dirangkum AndroidPolice, Rabu (9/3/22).

Kendati demikian, pengguna disarankan tetap waspada dan menghapus atau melakukan reset pada smartphone Android mereka, apabila ternyata sempat mengunduh aplikasi antivirus tersebut di masa lalu. (kompas/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: