22.7 C
Medan
Thursday, January 20, 2022
spot_img

Ini Cara Orang Tua Lindungi Anak dari Bahaya Internet

Jakarta, MISTAR.ID

Zaman sekarang internet sudah bukan menjadi hal yang baru bagi anak-anak lagi. Beberapa orang tua, mungkin ada yang mengkhawatirkan mengenai permasalahan yang mungkin ditemui anak-anak di internet.

Mulai dari penipuan, hoaks, penyalahgunaan data, dan masalah lainnya. Untuk itu, orang tua perlu mengomunikasikan masalah-masalah tersebut dan risiko yang mungkin dialami oleh anak-anak.

Dan dilansir dari media, berikut ini adalah cara yang bisa orang tua lakukan agar anak terhindari dari bahaya yang mungkin ditemukan di internet:

Baca Juga:6 Aturan Keamanan Internet yang Harus Diterapkan Kepada Anak Remaja Anda

1. Kunci akses online

Untuk layanan online di rumah dan di tempat lain, anak-anak dan orang tua harus berhati-hati dalam memilih kata sandi yang rumit dan memperbaruinya secara teratur untuk memblokir akses ke layanan online mereka dengan benar. Jika memungkinkan, dan jika mereka memiliki smartphone, yang terbaik adalah memilih otentikasi ganda untuk membuat koneksi mereka seaman mungkin.

2. Lengkapi (semua) perangkat dengan antivirus

Penting untuk memastikan bahwa semua perangkat yang akan digunakan oleh anak-anak mutakhir dan semuanya dilengkapi dengan solusi keamanan dan kontrol orang tua. Terutama untuk memblokir akses ke konten yang tidak sesuai dengan usia mereka. Biasanya, hanya laptop dan desktop yang menjadi objek perhatian khusus, tetapi orang tua juga harus memikirkan untuk melindungi ponsel cerdas dan tablet.

3. Gunakan VPN

Beberapa perusahaan biasanya menyarankan karyawan untuk menggunakan VPN, untuk melindungi privasi mereka melalui koneksi internet. Dan ini juga bisa dilakukan oleh para anak-anak usia sekolah. Sebagai pengingat, VPN (jaringan pribadi virtual) memungkinkan seseorang menikmati aktivitas online yang aman sambil menyembunyikan alamat IP, yang sama dengan melindungi identitas.

Baca Juga:Kecanduan Perangkat Seluler, Ini Bahayanya

4. Komunikasikan tentang bahaya internet

Cara ini merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh orang tua. Orang tua harus terus berkomunikasi dengan anak-anak tentang risiko yang mereka hadapi saat menjelajahi internet atau menggunakan aplikasi seluler tertentu. Masalah data pribadi atau penggunaan informasi yang tidak sesuai harus ditangani sejak usia dini, serta risiko penipuan online. (medcm/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: