25 C
Medan
Monday, October 25, 2021
spot_img

Cek Fakta! Planet Merkurius, Venus dan Saturnus tepat di Atas Piramida Giza

Jakarta, MISTAR.ID

Media sosial Twitter tak jarang mengunggah barbagai hal yang fenomenal dan di luar akal sehat. Kali ini, media maya menyebarkan sebuah penampakan yang menyebut planet Merkurius, Venus, dan Saturnus berada sejajar tepat di atas tiga Piramida Giza di Mesir.

Unggahan di Twitter itu juga menyematkan narasi kejadian itu telah diabadikan pada 3 Desember 2012 dan merupakan kejadian pertama sejak 2737 tahun lalu.

Hingga 19 Agustus 2021, pukul 14.50 WIB, cuitan itu sudah mendapatkan perhatian berupa 215 kali unggahan ulang, disukai 1.132 pengguna lain, dan dikutip sembilan kali.

Baca Juga: Waw! Ditemukan Air Asin Bawah Tanah Membentang Luas di Planet Ceres

Tapi, apakah benar terjadi posisi planet Merkurius, Venus, dan Saturnus tepat di atas tiga piramida di Mesir itu? Berikut ini faktanya.

Penjelasan:
Mengutip laman Turnbackhoax.id, foto yang disematkan dalam unggahan di Twitter itu bukanlah peristiwa alam yang sebenarnya.

Foto identik ditemukan pada artikel berjudul “2012 and the Pyramids At Giza” yang terbit pada 26 April 2011 di World-Mysteries Blog.

Baca Juga: Mengerikan, Gunung Es Seluas Kota London Bergerak dari Antartika

Foto itu dibuat oleh sang penulis artikel, Charles Marcello, menggunakan program daring gratis Stellarium untuk memenuhi rasa penasarannya terkait planet alignment pada 2012.

Merujuk sumber AFP, Direktur Museum Sains dan Kosmos Tenerife Hector Socas-Navarro mengatakan Merkurius, Venus, dan Saturnus berada di langit pada siang hari pada 3 Desember 2012. Tapi, ketiga planet tersebut tidak dapat dilihat.

Klaim postingan yang menyebutkan Merkurius, Venus, dan Saturnus pada posisi sejajar setiap 2.737 tahun adalah hoaks atau tidak benar.

“Gambar itu tidak dapat ditangkap, atau paling banyak saat fajar ataupun senja. Merkurius mengorbit mengelilingi Matahari dalam 88 hari, Venus dalam 225 hari, dan Saturnus dalam 29 tahun. Ini berarti kita bisa melihat ketiganya setahun sekali, ketika bumi berada di sisi berlawanan dari Matahari dari Saturnus,” kata Socas-Navarro.(antara/hm02)

 

 

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: