30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Bela Barenyi, Penemu Sistem Keselamatan Mobil

MISTAR.ID
Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebagian besar fitur keselamatan yang dianggap remeh saat ini, diperkenalkan pada mobil Mercedes-Benz, dan dipakai hingga saat ini. Dengan kejeniusan teknik, keselamatan penumpang bisa terjaga.

Siapakah yang memikirkan sistem keselamatan tersebut? Dialah pria bernama Bela Barenyi, seorang insinyur dan penemu yang bekerja hampir sepanjang hidupnya.

Ia memiliki lebih dari 2.500 paten dam sebagian besar penemuannya itu terkait dengan keselamatan mobil. Faktanya, orang Austro-Hongaria ini dilihat banyak orang sebagai bapak keselamatan pasif dalam mobil.

Baca juga: Brazil Setop Ekspor Daging ke China Pasca Penemuan Penyakit Sapi Gila

Banyak penemuannya saat ini digunakan hampir setiap mobil modern dan menyelamatkan ribuan, hingga tidak jutaan nyawa.

Sejauh ini, penemuan terbesarnya saat bekerja untuk Daimler adalah zona crumple dan sel keselamatan penumpang kaku, yang menerima paten pada tahun 1951.

Barenyi adalah orang pertama yang menggabungkan prinsip sel penumpang kaku yang tertutup oleh zona crumple di depan dan di bagian belakang mobil. Jika terjadi kecelakaan, bagian depan dan/atau belakang mobil dirancang untuk mengubah bentuk dan menghilangkan energi kinetik tabrakan sebelum mencapai sel pengaman.
Ini mengurangi beban penumpang selama benturan.

Jadi Ambulans Penemuan lain dari Bela Barenyi adalah kolom kemudi yang dapat dideformasi, yang menyertakan peredam benturan dalam perakitannya sehingga lebih aman. Di zaman dahulu, tabrakan mobil lebih mengerikan saat itu, meskipun kecepatannya jauh lebih rendah dibanding saat ini.

Konsep ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1947, ketika peredam benturan dimasukkan ke dalam roda kemudi itu sendiri. Tetapi setelah beberapa tahun, hal ini berkembang menjadi roda kemudi teleskopik yang sekarang digunakan oleh produsen mobil.

Baca juga: Industri Otomotif Siap Produksi Ventilator

Masalah keamanan mobil lainnya pada tahun-tahun itu adalah terbukanya pintu mobil selama kecelakaan mobil, tidak peduli seberapa kecil presentasenya. Banyak yang mengakibatkan penumpang terlempar keluar dari kendaraan dan mengalami cedera yang sangat dapat dicegah.

Barenyi menyelesaikan masalah yang agak serius ini dengan penemuan yang mungkin tampak begitu sepele: kunci pintu pasak. Pin kecil namun kokoh yang dipasang di kunci pintu memastikan bahwa pintu tetap tertutup bahkan jika terjadi tabrakan mobil yang serius, seperti terguling.

Diluncurkan pada tahun 1959, Mercedes-Benz W111 menggabungkan semua penemuan di atas, termasuk dasbor empuk, menjadi mobil jalan raya pertama dengan bodywork keselamatan terintegrasi. (kompas/hm06)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: