23.9 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

Apple & Google, Ciptakan Teknologi Pelacakan Kontak Covid 19

California. MISTAR.ID

Apple dan Google bekerjasama mengembangkan teknologi untuk memperingatkan orang-orang jika mereka baru saja berhubungan dengan orang lain yang terinfeksi virus corona.

Metode pelacakan kontak akan bekerja dengan menggunakan sinyal Bluetooth pada smartphone untuk mengetahui kepada siapa pemilik smartphone telah melakukan kontak dalam jarak dekat dan dalam waktu cukup lama yang beresiko menularkan virus.

Jika salah satu dari orang-orang tersebut dinyatakan positif Covid 19, sebuah peringatan akan dikirim ke si pemilik smartphone. Tidak ada data lokasi GPS atau informasi pribadi yang akan direkam.

Kedua pihak perusahaan ini meyakini bahwa metode pelacakan ini dibuat untuk menjaga kepentingan privasi pengguna terkhusus mereka yang terlibat dengan sukarelawan dan orang-orang yang tidak ingin diketahui identitasnya.

“Privasi, transparansi dan persetujuan menjadi hal yang sangat penting dalam upaya ini dan kami sedang di tahap membangun dengan melakukan konsultasi bersama dengan para pemegang saham yang tertarik dengan sistem ini.

“Kami akan mempublikasikan secara terbuka informasi tentang pekerjaan kami yang nantinya bisa dianalisis oleh siapapun,” jelas pihak Apple dan Google di sebuah pernyataan bersama.

Dikatakannya, semua yang ada di Apple dan Google yakin bahwa tidak ada yang lebih penting daripada bekerjasama untuk mencari solusi kepada permasalahan yang ada sekarang.

“Melalui kerjasama dan kolaborasi dengan pihak pengembang, pemerintah dan penyedia jasa kesehatan, kami berharap dengan melibatkan teknologi dapat membantu memperlambat penyebaran Covid 19 sehingga semua bisa kembali ke aktivitas normal masing-masing,”

Sumber : BBC News

Penerjemah : Julyana Ang

Editor : Jelita Damanik

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: