23.9 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Antimateri: Benda Termahal di Dunia, Harganya Rp925.000 T per Gram

Washington, MISTAR.ID

Tahukah kamu bahwa rekor benda termahal di dunia saat ini masih dipegang oleh antimatter atau antimateri. Antimateri adalah kumpulan partikel yang mempunyai muatan dan struktur yang berlawanan dengan seluruh partikel yang ada di bumi.

Melansir dari situs NASA, saat ini, nilai dari antimateri dibanderol sekitar US$ 62,5 triliun per gram atau sekitar Rp925.000 triliun (dengan kurs Rp14.800/dolar AS).

Angka yang fantastis tersebut dilatarbelakangi posisinya sebagai bahan bakar terkuat di dunia.

Baca Juga:Swasta Boleh Keruk Harta Karun Laut, Begini Cara Bagi Hasilnya

“Antimateri memiliki kepadatan energi yang luar biasa,” kata Dr. George Schmidt selaku kepala penelitian dan teknologi propulsi di NASA/Marshall.

Banyak ilmuan percaya bahwa partikel antimateri yang bersentuhan dengan mitra materinya dapat menghasilkan energi yang sangat besar.

Dikatakan bahwa hal itu berlaku untuk elektron dan positron (anti-elektron). Mereka akan menghasilkan sinar gamma pada 511.000 elektron volt.

Baca Juga:Waw! Ditemukan, Kota Emas Berusia 3.000 Tahun

Dengan kata lain, tubrukan antar partikel antimateri dan partikel biasa pendampingnya dipercaya menghasilkan 100 persen energi murni dengan kekuatan melebihi bom nuklir. Bahkan dipercaya bahwa satu gram antimateri sanggup menghasilkan ledakan setara dengan bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, saat Perang Dunia ke-2.

Padahal di sisi lain, materi super langka ini hanya bisa dibuat dengan cara menembakkan partikel ke sebuah logam dalam lorong yang panjangnya bisa bermil-mil. Selain itu antimateri bisa dengan mudah lenyap hanya beberapa menit setelah diciptakan.

Jadi tidak heran bila harga materi yang satu ini bisa sangat malah, mengingat bagaimana sulitnya menciptakan materi ini. (detik/hm14)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: