30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Mobil 100 Persen Daur Ulang Rancangan BMW

Jakarta, MISTAR.ID
Untuk pertama kalinya, BMW memamerkan mobil konsep i Vision Circular di Munich Motor Show. Mobil ini dirancang 100 persen dari bahan daur ulang. Komponen mobil ini juga disebut bisa 100 persen didaur ulang jika sudah habis masa hidupnya.

Mobil ini tak dicat, tak menggunakan material seperti kulit, krom, atau lainnya yang umum ada di mobil. Rancangannya juga merupakan simbol berakhirnya ketergantungan koneksi komponen secara permanen, hal ini diganti pemakaian kabel, kancing tekan, dan pengencang yang mudah dilepas.

Ini berarti banyak komponen di mobil yang mudah dilepas dan diganti, bahkan bisa dilakukan hanya menggunakan satu alat.

Daur ulang adalah inti konsep ini, namun desain i Vision Circular juga menunjukkan interpretasi baru dari BMW soal keindahan. Kidney grill ikonik BMW yang kini semakin besar ditampilkan seperti permukaan digital yang bisa gonta-ganti warna.

Baca juga: Ini Rahasia Mobil Tetap Awet Meski Jarang Dipakai

Tak ada logo konvensional BMW di bagian depan, sebagai gantinya logo ini dipahat di atas area tengah grill, lalu nama mobil ini juga dipahat di tengah bagian bumper.

Sebagian besar eksterior berwarna emas, lalu bannya terlihat sedikit transparan karena dibuat dari bahan karet alami.

Di kabin terlihat interior minimalis yang muat menampung empat penumpang. Sebagian besar detail dibuat secara 3D printed, lalu ampasnya dipakai untuk membuat material yang lain.

Kaca depan menyatu hingga ke atap dan komponen lain di kabin menggunakan plastik daur ulang.

Mobil ini tak menggunakan instrument cluster seperti biasa terlihat di mobil BMW, melainkan memakai tampilan kristal 3D printed yang berinteraksi langsung dengan gerakan tangan.

Informasi yang disajikan ditembak ke kaca depan, ini menghilangkan peran layar di kabin. Lalu kemudinya juga didesain unik 3D printed.

Baca juga: Pandemi, Mayoritas Konsumen Indonesia Tunda Beli Mobil

BMW mengatakan i Vision Circular adalah mobil listrik dengan baterai 100 persen bisa didaur ulang, namun tak dijelaskan cara kerja dan tenaganya. BMW menjelaskan mobil ringkas 100 persen daur ulang seperti ini bisa menjadi nyata pada 2040.

“Kami memimpin jalan pada efisiensi sumber dalam produksi dan kami berusaha memperluas status ini untuk semua tahap siklus hidup kendaraan,” kata Oliver Zipse, Chairman of the Board of Management of BMW AG.(cnn/hm06)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: