30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Kenali Penyebab Mobil Bergetar Ketika AC Dihidupkan

Jakarta, MISTAR.ID

Ternyata banyak sekali penyebab mesin bergetar ketika AC mobil menyala. Pada beberapa kendaraan, terkadang ada suatu kondisi mesin mobil bergetar. Tentu hal ini tak boleh dibiarkan dan harus segera ditangani. Mungkin tak banyak yang mengetahui penyebabnya.

Berikut ini beberapa penyebab mesin mobil bergetar ketika AC dinyalakan, dilansir dari laman Auto2000, Minggu (19/9/21):

1. Masalah Sistem Idle Up
Gejala mesin mobil yang tiba-tiba bergetar ketika AC hidup menjadi pertanda bahwa ada faktor penyebab kerusakan dalam sistem idle up. Hal ini terjadi biasanya saat RPM terlalu rendah. Namun saat AC dimatikan, mesin tidak lagi bergetar. Tentu saja masalah ini harus segera diatasi.

Baca Juga:Ayo Intip! Mobil Bekas ‘Tahun Tinggi’ yang Harganya di Bawah Rp 80 Juta

Perihal masalah sistem idle up AC, mesin mobil yang bergetar saat AC dinyalakan ternyata tidak membuat kabin mobil menjadi dingin. Beban mesin yang bertambah saat RPM rendah membuat kinerjanya menjadi bertambah berat. Akhirnya inilah yang membuat kerja kompresor AC juga kurang maksimal. Selain itu, hal ini bisa saja menyebabkan kompresor AC hidup sebentar lalu mati.

Masalah sistem idle up sebenarnya bisa diatasi dengan cepat dengan mematikan AC mobil. Namun kabin mobil sudah pasti menjadi panas. Untuk itu, segera cek sistem sensor dan aktuator. Kalau memang kinerja sudah buruk, sebaiknya segera ganti. Sudah pasti hasilnya mesin mobil tidak akan bergetar lagi saat AC dinyalakan.

2. Bearing AC Mobil Rusak
Kemudian ada masalah bearing AC mobil yang mengalami kerusakan. Bearing atau pulley yang rusak membuat putaran kompresor AC menjadi tersendat. Saat ada proses tersendat inilah yang membuat muncul gejala getaran.

Sebaiknya segera melakukan perbaikan bearing karena kalau dibiarkan terus menerus, bagian timing belt juga bisa rusak. Akhirnya lebih banyak lagi masalah yang muncul. Sebaiknya pelajari juga bagaimana ciri-ciri kompresor AC mobil kurang oli untuk pencegahan optimal.

Baca Juga:Mobil 100 Persen Daur Ulang Rancangan BMW

3. Sistem AC Mobil Buntu
Penyebab terakhir dari mesin mobil yang tiba-tiba bergetar adalah sistem AC mobil buntu. Kasus seperti ini memang jarang diketahui. Biasanya penyebab utamanya adalah terjadi frosting pada bagian saluran AC mobil.

Bagi yang belum tahu, frosting adalah pembekuan freon yang akhirnya membuat alirannya menjadi terhambat. Padahal sistem freon harus memiliki aliran yang jelas dan tidak ada rintangan agar bisa terus memberikan suhu dingin ke dalam kabin mobil.

Sistem freon pada AC mobil sebenarnya sama saja dengan pendingin ruangan yang digunakan di rumah. Perlu sekali ada aliran udara yang baik dalam sistem AC. Itulah mengapa kondensor AC selalu ada di luar ruangan. Dengan posisi itu, maka aliran udara sudah pasti lebih baik.

Ini juga yang harus dipenuhi di dalam sistem AC mobil. Jangan sampai ada sistem AC yang buntu. Kalau alirannya sudah terhambat, tinggal menunggu waktu saja sampai mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan. (sindo/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: