22.5 C
Medan
Monday, December 6, 2021
spot_img

Begini Teknik Lewati Tanjakan Agar Tidak Gagal di Tengah Jalan

MISTAR.ID

Beberapa destinasi wisata di Indonesia berada di ketinggian. Tak jarang, untuk mencapainya harus melewati tanjakan yang cukup curam. Selain curam, tanjakan yang panjang serta kemiringan mencapai 45 derajat juga harus memiliki tekhnik agar tidak gagal hingga mencapai puncak

Tentunya, butuh teknik khusus agar sepeda motor dapat menanjak. Bukan tak mungkin motor dapat melewati tanjakan curam tersebut.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam teknik menanjak menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Teknologi Canggih dan Desain Menawan, Ini yang Ditawakan MG ke Konsumen Otomotif Dunia

1. Cari momentum yang pas saat akan mulai menaiki tanjakan. Sehingga, motor mempunyai tenaga yang cukup untuk sampai di atas,” ujar Agus.

2. Gunakan gigi rendah pada kondisi jalan menanjak agar tarikan motor tidak habis. Apabila menggunakan motor matik, maka sebelum tanjakan sudah harus mengambil ancang-ancang.

3. Apabila motor tiba-tiba berhenti di tengah tanjakan, maka gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan, lalu atur posisi badan membungkuk ke depan agar keseimbangan dan beban motor tetap terjaga.

4. Apabila berjalan pelan-pelan di tanjakan dengan teknik zigzag dapat mengurangi beban motor. Sehingga dapat naik dengan aman. Namun, tetap harus memperhatikan kondisi jalan, terutama bagian belakang kendaraan.

Baca juga: Industri Otomotif Siap Produksi Ventilator

5. Saat menanjak agar beban motor tidak berat ke belakang, maka posisi badan harus maju ke depan, terutama saat berboncengan.

Nah semoga tips ini bisa bermanfaat bagi para pengendara yang melewati jalu-jalur genting. (kompas/mistar)

Jalur Cino Mati, menghubungkan wilayah Pleret ke Dlingo Bantul

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: