25 C
Medan
Monday, October 25, 2021
spot_img

Yuk Cek Kuota Internet Kemendikbud yang Mulai Dibagikan 11 September

Jakarta, MISTAR.ID

Program penyaluran kuota internet gratis untuk siswa, mahasiswa, guru, serta dosen mulai dibagikan hari ini, Sabtu (11/9/21). Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan membagikan kuota tersebut secara bertahap.

Penyaluran kuota internet Kemendikbud ini akan dilakukan selama tiga bulan, mulai September, Oktober, hingga November 2021. Adapun jadwal penyaluran kuota internet gratis Kemendikbud Ristek akan dilakukan secara berkala pada tanggal 11-15 tiap bulannya.

Dengan demikian, kuota internet gratis Kemendikbud bulan September ini sesuai jadwal akan disalurkan mulai hari ini, Sabtu (11/9/21). Kuota bantuan ini akan berlaku selama 30 hari sejak diterima. Besaran kuota Kemendikbud Besaran kuota internet gratis Kemendikbud yang diberikan untuk siswa dan pendidik menurut jenjang pendidikan adalah sebagai berikut:

Baca Juga:Kuota Terbatas, Program Holistik Integratif PAUD 2021 Tidak Menyasar Guru di Siantar

* Siswa PAUD: 7 GB/ bulan
* Siswa SD, SMP, SMA: 10 GB/ bulan
* Pendidik PAUD, SD, SMP, SMA: 12 GB/ bulan
* Mahasiswa dan dosen: 15 GB/ bulan

Setiap nomor ponsel penerima bantuan bisa menerima paling banyak tiga bantuan paket kuota data internet, dengan ID penerima bantuan yang berbeda. Seperti bantuan kuota periode sebelumnya, bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek kali ini merupakan kuota umum.

Artinya, siswa, guru, mahasiswa, dan dosen bisa menggunakan kuota untuk mengakses seluruh situs web dan aplikasi. Akan tetapi, ada beberapa laman yang tidak bisa diakses dengan kuota Kemendikbud Ristek, yakni:

* Situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.
* Media sosial seperti Instagram, Facebook, Snapchat, Tinder, dll.
* Game seperti Candy Crush, Clash of Clans, Garena Free Fire, dll.
* Aplikasi video seperti Netflix, TikTok, Viu, dll.

Daftar lengkap situs yang tidak bisa diakses dengan kuota internet Kemendikbud Ristek bisa dilihat di laman berikut.

Baca Juga:Siswa Baru yang Ingin Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis, Ini Syaratnya…

Cara cek kuota belajar Kemendikbud

Telkomsel
USSD *888# > pilih “Cek Pulsa & Kuota” > pilih “Cek Kuota”. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS Aplikasi myTelkomsel: beranda > internet Indosat Ooredoo USSD *123*075# > Status & Cek Kuota. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS Aplikasi myIM3 > beranda > data

Tri
USSD *123*10*3#, lalu informasi kuota akan dikirim via SMS. SMS: ketik “INFO KUOTA” kirim ke 234 Aplikasi Bima+, informasi akan muncul di beranda.

XL Axiata & Axis
USSD *123*7*1# > “Cek Kuota” Informasi akan dikirim via SMS Aplikasi myXL (XL) Aplikasi AxisNet (Axis).

Smartfren
USSD *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS SMS dengan format “Cek”, kirim ke 995 Aplikasi MySmartfren, lalu buka menu “Paket Saya”. (kompas/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: